Share

Kondisi Mulai Pulih, Pengungsi Angin Kencang di Batu Dipulangkan

Avirista Midaada , Okezone · Selasa 22 Oktober 2019 22:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 22 337 2120442 kondisi-mulai-pulih-pengungsi-angin-kencang-di-batu-dipulangkan-dqbnIBCgcg.jpg Pengungsi angin kencang di Batu dipulangkan (Foto: Avirista Midaada)
A A A

KOTA BATU - Pasca-bencana angin kencang yang menerjang Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, kondisi di lokasi kejadian berangsur-angsur pulih. 

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim mengatakan, angin kencang yang sebelumnya menerjang perlahan mulai hilang.

"Secara umum sudah mulai kondusif. Saat ini fokus tim pendataan kerusakan material terdampak bencana angin kencang," ujar Rochim ditemui okezone, Selasa (22/10/2019) sore.

Tak hanya itu, jaringan listrik, telekomunikasi, dan kebutuhan air bersih 90 persen dinyatakan pulih sejak Selasa sore. Bahkan, sejumlah instansi terkait baik PLN, Telkom, hingga PDAM masih berupaya memperbaiki 10 persen yang belum normal.

"Sejak Selasa tadi jaringan listrik dan telekomunikasi di Desa Sumberbrantas sudah pulih 90 persen. Diperkirakan besok sudah sepenuhnya pulih. Kalau air bersih juga sudah cukup di sana," ungkap Rochim ditemui okezone.

Baca Juga: Angin Kencang di Kota Batu Sebabkan 1 Orang Meninggal dan 1.216 Mengungsi

Kondisi membuat BPBD Kota Batu memutuskan memulangkan pengungsi sejak Selasa sore ke rumahnya masing - masing. "Mulai sore ini kita fokus pemulangan pengungsi. Bagi yang rumahnya masih rusak kita bantu perbaiki, ada tim gabungan juga dari TNI Polri," ujarnya.

Angin kencang di Batu Foto Avirista

BPBD Kota Batu sendiri mencatat hingga Selasa sore pukul 15.00 WIB terdapat 668 pengungsi dari lima titik posko pengungsian di Rumah Dinas Wali Kota Batu, Balai Desa Sidomulyo, Balai Desa Tulungrejo, Balai Desa Punten, dan Balai Desa Sumbergondo.

"Total hingga sore tadi ada 668 pengungsi, jauh berkurang karena ada yang dijemput keluarganya dan mengungsi ke rumah keluarga masing - masing," katanya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, angin kencang menerjang Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu sejak Sabtu malam pukul 23.30 WIB. Angin kencang yang membawa debu berupa tanah ini membuat warga susah bernapas sehingga melumpuhkan aktivitas.

Akibatnya ribuan warga mengungsi di 7 titik lokasi pengungsian, seorang dilaporkan meninggal dunia tertimpa pohon, dan sejumlah warga juga dilaporkan terluka akibat tertimpa material bangunan yang terbawa angin.

Baca Juga: BMKG Catat Kecepatan Angin Kencang di Batu Mencapai 80 Km Per Jam

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini