Share

Ibu Kota Baru Miliki Tol Balikpapan-Samarinda, Panjangnya Nyaris 100 Km

Adhyasta Dirgantara , Okezone · Selasa 22 Oktober 2019 13:01 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 22 470 2120120 ibu-kota-baru-miliki-tol-balikpapan-samarinda-panjangnya-nyaris-100-km-8LggzmKZCA.jpg Tol Balikpapan-Samarinda (Foto: Jasa Marga)
A A A

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendukung rencana pengembangan ibu kota baru di Kalimantan Timur. Kali ini, mereka segera merampungkan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) sepanjang 99,35 km.

Bahkan, progress pengerjaannya sudah mencapai 97,4%. Hal ini diungkapkan dari akun resmi Kementerian PUPR di Instagram.

"Mendukung rencana pengembangan Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur, Kementerian PUPR menargetkan Tol Balikpapan-Samarinda (99,35 km) rampung dalam waktu dekat. Progres saat ini telah mencapai 97,4 %," tulis @kemenpupr, Selasa (22/10/2019).

 Baca Juga: Tol Pertama di Ibu Kota Baru Beroperasi Akhir Oktober 2019

Pasalnya, Tol Balsam akan menjadi tulang punggung rencana pengembangan ibu kota negara. Bagaimana tidak, keberadaan tol ini mampu memangkas waktu tempuh antar Balikpapan-Samarinda dari semula sekitar 3 jam, menjadi hanya 1 jam. Dengan demikian, tol ini bisa mengurangi biaya logistik barang serta jasa.

Perlu diketahui, tol Balsam menjadi tol pertama di Pulau Kalimantan. Ini diharapkan dapat menciptakan kawasan perekonomian baru di Pulau Kalimantan.

 Baca Juga: Dioperasikan Tahun Ini, Konstruksi Tol Balikpapan-Samarinda Capai 96%

"Tol pertama di Pulau Kalimantan ini diharapkan dapat menciptakan kawasan perekonomian baru di Pulau Kalimantan dengan mendorong pengembangan kawasan-kawasan industri yang bergerak di sektor kelapa sawit, batubara, migas, dan pertanian," tandas Kementerian PUPR.

 Tol Balikpapan-Samarinda

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini