Share

Muslim Inggris Kumpulkan Ratusan Sepatu untuk Tunawisma

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 22 Oktober 2019 11:54 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 22 614 2120080 muslim-inggris-kumpulkan-sepatu-untuk-diberikan-pada-tunawisma-u1mj8UZ9hQ.jpg Moosa mengumpulkan sepatu untuk tunawsima (Foto: 5 Pillars)
A A A

Seorang pria muslim dari London Selatan Moosa Nsubuga memberikan pelatihan kepada remaja kelompok rentan dan tunawisma selama beberapa tahun terakhir. Ia mendirikan Resole, kelompok yang bertugas mengumpulkan sepatu untuk disumbangkan kepada tunawisma dan yang membutuhkan.

Moosa mengatakan, ia memilih mengumpulkan sepatu untuk disumbangkan karena ia merasa malu dengan kualitas pakaian yang disumbangkan.

 Tunawisma

Dia dan timnya di Resole mengumpulkan sepatu dengan merek-merek desainer ternama seperti Gucci, Adidas, dan Nike untuk disumbangkan kepada para tunawisma.

Moosa memiliki banyak sepatu yang baru dipakai sebentar. Ia juga kenal banyak orang sepertinya, yang suka mengoleksi sepatu. Ia meminta mereka untuk menyumbangkan sepatunya yang berlebihan jumlahnya tersebut.

Rata-rata, Resole mendapat sekitar 150 hingga 200 pasang sepatu dalam sebulan.

"Iman adalah alasan pribadi saya untuk mau bersedekah kepada orang yang membutuhkan. Namun melibatkan melibatkan orang lain dalam kegiatan ini merupakan hal yang penting," kata Moosa.

“Pada awalnya saya mengumpulkan pakaian dan sepatu. Namun setelah kebakaran Grenfell Tower, kami memberikan semua sepatu kets dan pakaian kami kepada komunitas yang membutuhkan itu," terangnya.

“Saya menyadari lebih sulit untuk memeriksa pakaian berkualitas. Dan saya merasa malu memberikan pakaian yang buruk. Sedangkan mengecek kualitas sneakers jauh lebih mudah. Oleh karena itu saya memutuskan untuk berkonsentrasi pada memberikan sumbangan berupa sepatu," jelas Moosa.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Seperti dilansir dari website 5 Pillars, inisiatif kecil-kecilan Moosa membantu tunawisma dan orang membutuhkan berjalan dengan lancar. Kini Resole membagikan sepatu dua hingga tiga kali dalam sepekan, mendistribusikan sekitar 170 pasang sepatu.

Menurut Moosa, kegiatan donasi sepatu ini memberikan perasaan gembira. “Beberapa orang tunawisma yang kami temui bertelanjang kaki karena sepatu mereka dicuri pada malam hari saat mereka tidur."

“Seorang pria tanpa sepatu selama dua minggu dan baru saja memakai sandal jepit, sangat gembira bertemu kami. Apalagi kami memberinya sepasang sepatu Nike Air VaporMax. Awalnya ia tidak percaya kami hanya membagikannya secara gratis, dan ia sangat berterima kasih," kata Moosa.

Resole memiliki titik pembagian sepatu di Copit UK dan Vamp LND. Kegiatan pembagian sepatu ini sangat bermanfaat bagi para tunawisma yang sering kehilangan sepatunya. Islam merupakan agama yang mengajarkan umatnya untuk selalu mau berbagi dan bersedekah.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini