Share

5 Quote Menyentuh untuk Santri, dari Mbah Moen hingga Gus Dur

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 22 Oktober 2019 14:18 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 22 614 2120156 4-quote-menyentuh-untuk-santri-dari-mbah-moen-hingga-gus-dur-JG3NPmq4Pk.jpg Gus Dur. Foto: Istimewa
A A A

SEORANG santri tidak akan lepas dari bimbingan seorang ustadz atau kiai. Selama di pondok pesantren, mereka dibina dan tak luput dari nasihat hidup serta agama. Yakni untuk mempermudah dalam menjalani kehidupan di dunia dan akhirat.

Para kiai dan ulama lainnya, khususnya bagi mereka yang memiliki sekaligus menjadi pengasuh pondok pesantren, setiap ucapannya adalah ilmu yang harus didawamkan oleh santri atau umat Muslim secara keseluruhan.

Nah berikut ini beberapa quote menyentuh dari para kiai yang bisa jadi bahan renungan, terlebih bagi Anda yang sedang menimba ilmu di pesantren.

Foto: Istimewa

1. Kyai Haji Maimun Zubair (Mbah Moen)

"Pondok (Red. Pesantren tempat santri menimba ilmu) itu termasuk bagian dari dunia (fana), banyak kiai yang tidak paham. Karena pondok itu kalau kiainya meninggal, anak-anaknya saling berebut. Itu menunjukan bahwa pondok itu bagian dari dunia (fana)".

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

2. Gus Mus

"Santri bukan yang mondok saja, tapi siapaun yang berakhlak seperti santri, adalah santri".

3. KH Said Aqil Siroj (Ketua Umum PBNU)

"Peran santri di Indonesia ini sangat besar, sangat jelas sebelum setelah dan sekarang saat mengisi kemerdekaan,"

4. KH Abdul Aziz Masthuro (Pimpinan Ponpes Al-masthuriyah)

"Hidayah dan keberkahan dari Allah akan duberikan kepada orang yang memperbanyak amal soleh (termasuk ngaji di pesantren-red) dan menebar kebaikan bukan kebencian,"

5. KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur)

"Kebaikan seoran santri tidak dilihat ketika dia berada di pondok. Melainkan setelah dia jadi alumni. Kamu tinggal buktikan hari ini, kamu adalah santri yang baik".

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini