Share

Kisah Perjuangan Ayah Rela Jadi Petugas Damkar Sekaligus Driver Ojol Demi Anak

Muhammad Sukardi, Okezone · Sabtu 09 November 2019 02:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 08 612 2127444 kisah-perjuangan-ayah-rela-jadi-petugas-damkar-sekaligus-driver-ojol-demi-anak-CtR6I723eR.jpeg Kisah perjuangan ayah jadi pemadam kebakaran dan driver ojol demi anak (Foto : Ist)
A A A

Perjuangan ayah membesarkan anak tak akan ada habisnya. Apa pun bakal dilakukan untuk bisa membahagiakan sang buah hati, sekali pun mempertaruhkan nyawa. Seperti yang dilakukan driver ojol (ojek online) ini.

Ya, Tamsil rela melakukan segalanya demi bisa memenuhi kebutuhan keluarganya. Sebagai single father, ia sadar diri harus bekerja ekstra untuk bisa memanjakan anak-anaknya pun kebutuhannya pribadi. Makanya, sebagai ayah ia rela jalani dua pekerjaan sekaligus; pemadam kebakaran dan driver ojol.

Pekerjaan ini ia tekuni karena keadaan yang memaksanya. Tamsil menjelaskan kalau bekerja sebagai pemadam kebakaran saja tidak cukup memenuhi kebutuhan keluarganya, makanya ia butuh pemasukan tambahan dan itu datang dari ngojek online.

"Pendapatan saya sebagai pemadam kebakaran hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, nah dengan menjadi driver Grab, ada pemasukan yang bisa membantu kebutuhan hidup keluarganya yang lain," terang Tamsil seusai rilis Grab yang diterima Okezone belum lama ini.

driver ojol

Tamsil coba menjelaskan awal mula dirinya mau jadi driver ojol. Jadi, menurut Tamsil, teman seprofesinya yang sudah lebih dulu jadi driver ojol mengajaknya untuk ikutan. Ya, niatnya untuk dapat penghasilan tambahan.

Karena desakan ekonomi, Tamsil menerima ajakan itu. Semua dia lakukan dengan satu alasan, supaya kedua anak perempuannya bisa hidup lebih baik.

Tak bisa disangka, penghasilannya sebagai driver ojol itu malah membuatnya mendapatkan uang yang jauh lebih banyak. Bahkan, dia bisa menyisihkan sebagian untuk ditabung.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Di sisi lain, dalam kesehariannya Tamsil kerja piket selama 24 jam, setelah itu dapat libur dua hari. Ia merasa meski pun bekerja sebagai driver ojol, itu tidak mengganggu pekerjaannya sebagai pemadam kebakaran.

damkar semangat

Meski baru 9 bulan menjadi driver ojol, Tamsil merasa sangat terbantu. Ia mengaku, baru tiga bulan pertama menjadi seorang mitra, ia sudah mampu mencicil motor sendiri.

"Saya bergabung dengan Grab sejak Januari 2019. Jadi awalnya itu saya daftar dan jalankan Grab ini menggunakan motor orangtua. Berselang tiga bulan, Alhamdulillah saya sudah bisa cicil motor sendiri dan daftar ulang dengan motor saya sendiri," kisah pria yang gemar memancing ini.

Padahal, Tamsil tak begitu mengejar target. Menurutnya yang terpenting bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari. Jika dihitung-hitung, dalam sebulan ia memiliki libur rata-rata 20 hari. Waktu itulah yang ia manfaatkannya.

"Saya mulai narik setelah lepas jaga, sekitar pukul 9 atau 10 pagi. Di hari berikutnya saya mulai setelah salat Subuh sampai sore. Sebelum salat Maghrib saya sudah harus di rumah," tuturnya.

damkar biru

Perjuangan Tamsil bahkan sampai ingin membangun rumah sendiri untuk ia dan anak-anaknya. Ya, mengaku pada Grab, Tamsil saat ini masih menetap di rumah orangtuanya. Hal ini ternyata memacu dia untuk bisa memiliki rumah sendiri.

"Ya, punya rumah sendiri adalah mimpi saya sejak lama dan Alhamdulillah sekarang sudah mulau membangun rumah sendiri dengan penghasilan dari pekerjaan utama saya yaitu pemadam kebakaran dan juga jadi driver ojol," tambahnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini