Share

Lagi Naik Daun, Kepiting Salju Dijual Rp644,6 Juta

Rizqa Leony Putri , Okezone · Sabtu 09 November 2019 18:26 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 09 320 2127822 lagi-naik-daun-kepiting-salju-dijual-rp644-6-juta-qZp9ML5VEd.jpg Foto: CNN
A A A

JAKARTA - Kepiting salju tengah naik daun di Tottori, Jepang. Tercatat, jenis kepiting ini dilelang dengan harga 5 juta yen (USD46.000) atau sekira Rp644,6 Juta.

Menurut divisi promosi perikanan prefektur Tottori, yang bertanggung jawab atas pelelangan, angka ini merupakan harga tertinggi yang pernah dibayarkan untuk kepiting salju, demikian seperti dilansir dari CNN, Jakarta, Sabtu (9/11/2019).

Kelompok hewan Krustasea ini memiliki berat 1,2 kg (2,7 pon) dan lebar 14,6 cm (5,74 inci). Tawaran itu memecahkan rekor dunia Guinness sebelumnya yang memegang penjualan kepiting salju sebesar 2 juta yen (USD18.000) atau sekira Rp252,2 juta yang ditetapkan tahun lalu.

Penawar pemenang minggu ini adalah Tetsuji Hamashita, presiden pedagang grosir perikanan Hanashita Shoten. Kepiting salju 5 juta yen itu akan berakhir di piring beberapa pengunjung yang beruntung di sebuah restoran kelas atas di lingkungan mewah Ginza Tokyo.

"Saya tahu ini ekstrem, tapi itu kebiasaan. Saya yakin rasanya (kepiting) akan cocok dengan harganya," ujar Hamashita.

Disebut zuwaigani dalam bahasa Jepang, kepiting salju dipanen secara tradisional selama musim dingin. Nama julukan "bintang lima bersinar" punberasal dari bentuk kepiting.

Tidak hanya besar, tetapi juga berkualitas tinggi. Kepiting ini pun memiliki kaki yang panjang, serta lemak dan daging yang padat.

kepiting salju

Musim berburu kepiting salju tahun ini dimulai pada hari Rabu lalu dengan lelang pertama yang berlangsung pada hari berikutnya. Meski harga akan mulai tinggi pada hari pembukaan,para pengunjung lelang percaya bahwa membeli yang pertama adalah waktu yang tepat untuk mendapatkan yang dan terbaik musim ini. Hamashita pun memperkirakan tawaran pemenang akan mendekati 3 juta yen.

Menurut penyelenggara, tak sedikit peserta lelang yang juga terkejut ketika mengetahui harganya. Pasalnya, kepiting salju masih menjadi makanan yang sangat dicari di Jepang. Jenis ini hanya dapat ditemukan di perairan prefektur Tottori, di pulau utama Jepang Honshu, antara Osaka dan Hiroshima.

(Baca Juga: 5 Perjanjian Dagang Ini Akan Dikebut Pemerintah hingga Akhir 2020)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini