Share

Dipaksa Ngirit BBM, Royal Enfield Hapus Lini Motor 500 cc

Medikantyo, Okezone · Kamis 21 November 2019 23:04 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 21 53 2132935 dipaksa-ngirit-bbm-royal-enfield-hapus-lini-motor-500-cc-a7nMsxYUeJ.jpg Royal Enfield bersiap kurangi lini produk sepeda motornya dengan hapus kelas 500 cc (Foto: Okezone.com/pool/Royal Enfield)

MUMBAI - Tekanan peraturan emisi yang ketat di India, melalui standar Bharat Stage VI, memberi dampak cukup serius untuk Royal Enfield. Sang produsen memberi sinyal untuk menghapus lini produksi kelas mesin 500 cc dari daftar, utamanya sejumlah model yang beredar saat ini.

Penyebab utama dari kebijakan penghapusan tersebut adalah sejumlah komponen pada mesin 500 cc Royal Enfield, membuatnya tidak bisa memenuhi standar emisi tersebut. Keputusan ini, seperti dikutip oleh laman Livemint, akan mulai berlangsung segera pada tahun depan.

 Royal Enfield

Pertimbangan sang produsen untuk menghapus lini model sepeda motor kelas 500 cc juga berkaitan dengan respons negatif dari konsumen. Bahkan dalam beberapa bulan terakhir dikabarkan tingkat penjualannya jauh tertinggal dibandingkan sepeda motor dengan kapasitas mesin lebih kecil.

Mengadaptasi teknologi mesin 500 cc saat ini untuk dapat memenuhi standar emisi terbaru, bagi Royal Enfield, disebut akan menghabiskan biaya mahal. Investasi itu diperkirakan tidak akan setimpal dengan pemasukan dari kapasitas penjualan motor kelas tersebut di pasar lokal.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Secara spesifik model yang akan dihapus, meliputi lini varian Classic, Thunderbird, dan Bullet. Sebagai gantinya pengembangan akan dilakukan untuk lebih banyak varian di kelas 350 cc, untuk menjaring lebih banyak konsumen dengan harga jual unit yang lebih terjangkau.

Kebijakan penghapusan ini dinilai tidak akan berpengaruh pada model sepeda motor berkapasitas mesin lebih besar, yakni 650 Twins Continental GT dan Interceptor. Kedua varian itu masih memiliki pangsa pasar lebih luas dengan tujuan konsumen ekspor termasuk Indonesia.

 Royal Enfield

Keputusan untuk menerapkan standar emisi lebih ketat diputuskan oleh Pemerintah India sejak Oktober lalu. Peraturan ini wajib dipenuhi produsen otomotif di negara tersebut baik sepeda motor maupun mobil, serta mulai berlaku secara luas pada April 2020 mendatang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini