Share

Viral Tren Gila Perineum Sunning, Menjemur Alat Kelamin dan Diunggah ke Media Sosial

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Okezone · Selasa 03 Desember 2019 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 02 612 2137092 viral-tren-gila-perineum-sunning-menjemur-alat-kelamin-dan-diunggah-ke-media-sosial-qzIFJ5bTOc.jpg Perineum Sunning (Foto: Oddity Central)
A A A

BEBERAPA waktu lalu tren kesehatan aneh yang terlihat sangat gila viral di media sosial. Tren tersebut bernama ‘Perineum Sunning’ yang dilakukan dengan menjemur bagian kelamin dan lubang anus seseorang menuju sinar matahari selama beberapa menit setiap minggunya.

Kabarnya tren aneh tersebut dilakukan 30 detik setiap harinya dan dipercaya bisa memiliki efek sebagai penyembuh. Hal ini diungkapkan lewat unggahan yang cukup viral dari akun Metaphysical Megan di akun media sosialnya.

Ilustrasi tren viral

Selain bisa memberikan efek penyembuhan, tindakan gila ini juga diprediksi bisa memberikan seseorang lebih banyak energi dibandingkan mengonsumsi beberapa cangkir kopi dan meningkatkan kualitas tidur. Bahkan dengan menjemur tubuh bagian bawah juga bisa memberikan manfaat kesehatan dan spiritual lainnya.

Meski demikian banyak ahli medis memperingatkan bahwa tren yang viral ini bisa berbahaya pasalnya area perineum (daerah antara anus dan skotrum bagi pria dan daerah anus dan vulva pada perempuan) sangatlah sensitif. Memaparkannya secara langsung ke sinar matahari tanpa perlindungan dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

“Hanya dalam 30 detik sinar matahari pada lubang anus Anda, maka akan menerima lebih banyak energi daripada sepanjang hari berada di luar sambil mengenakan pakaian,” tulis seorang pengguna Instagram ra_of_earth dalam sebuah unggahan yang sempat viral beberapa bulan lalu, melansir dari Oddity Central, Senin (2/12/2019).

 Perineum Sunning

Tak hanya itu, pemilik akun instagram tersebut juga mengunggah latihan Sun Worship dari salah satu buku karya dr. Stephan T. Chang yang mengklaim bahwa kebiasaan menjemur perineum dapat membantu menjaga area tersebut sehat dan bebas dari kuman.

“30 detik injeksi sinar matahari langsung ke lubang anus setara berada di bawah sinar matahari setiap hari,” tulis akun Instagram yang bersertifikasi yang telah mendapatkan lebih dari 2 ribu likes.

Menurut beberapa sumber, beberapa selebriti bahkan telah ikut meramaikan tren perineum sunning. Salah satunya adalah aktris Hollywood Shylene Woodley. Ia mengaku melakukan Perineum Sunning untuk mendapatkan tambahan vitamin D selama musim dingin.

Melihat aksi ini telah menyebar sebagai tren di masyarakat, para ahli kesehatan dengan cepat menyangkal klaim yang dibuat oleh influencer media sosial mengenai perineum sunning. Para dokter menyebut praktik ini tidak perlu dilakukan dan berdampak tidak sehat bagi tubuh manusia.

“Tidak ada bukti bahwa berjemur dengan cara ini memiliki efek pada kesejahteraan fisik. Melatih kesadaran dan meditasi dan mengonsumsi vitamin D bermanfaat untuk kesehatan mental dan fisik. Anda tidak perlu repot-repot merusak kulit Anda dengan berjemur di paparan sinar matahari,” terang dr. Diana Gall dari Doctor-4-U.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini