Share

Tips Jaga Sayuran Beku Tidak Mudah Rusak dan Tetap Bergizi

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Okezone · Selasa 03 Desember 2019 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 03 298 2137477 tips-jaga-sayuran-beku-tidak-mudah-rusak-dan-tetap-bergizi-soVBnr7ffU.jpg Sayuran beku (Foto : Ehow)
A A A

Anggapan sayuran beku kerap dianggap remeh oleh sebagian orang. Masyarakat akan lebih memilih sayuran segar sebagai bahan utama masakan yang akan diolahnya.

Namun seorang Penulis Resep Masakan, Bruce Weinstein berpendapat jika persepsi tersebut salah. Ia justru mengatakan sayuran beku memiliki kualitas yang tinggi karena dibekukan dalam kondisi terbaik.

Bruce yang telah menulis 32 buku memasak bersama sang suami, Mark Scarbrough menyatakan beberapa sayuran memang sengaja dibekukan untuk menjaga kualitas produk tetap baik saat dikirimkan dalam jarak yang jauh. Namun ada beberapa langkah khusus bagi Anda yang hendak membeli sayuran beku. Hal ini wajib dilakukan supaya kualitas sayuran yang Anda beli tidak mudah rusak.

Melansir dari South China Morning Post, Selasa (3/12/2019), berikut tips yang perlu Anda ketahui untuk menjaga kualitas sayuran beku agar tidak mudah rusak dan tetap bergizi. Yuk disimak.

1. Memilih sayuran yang tepat

Banyak orang mengeluh tentang sayuran beku yang berujung lembek. Weinstein mengatakan sayuran beku memang akan berubah menjadi lembek apabila seseorang membiarkannya dalam kondisi mentah. Tetapi ketika sudah dimasak, maka kelembaban pada sayuran beku ini akan berkurang dan bisa mengurangi kadar air yang terkandung di dalamnya.

Sayuran Beku

Tipsnya adalah mencari sayuran yang kelembabannya lebih rendah dan cukup kuat untuk tidak berubah menjadi es. Beberapa sayuran yang direkomendasikan Weinstein adalah jagung, artichoke dan kembang kol. Selain itu kacang polong, kacang lima, bawang mutiara, bayam, brokoli, wortel dan kacang hijau juga masuk ke dalam daftar sayuran beku yang direkomendasikan.

Namun beberapa sayuran dengan kelembaban tinggi seperti paprika, kacang kapri, asparagus dan jamur kurang dianjurkan. Selain tetap berkualitas, sayuran beku juga dapat menghemat waktu kerja Anda karena telah dikupas dan dipotong dadu.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

2. Menyimpan sayuran beku dengan aman

Sayuran beku biasanya dikemas dalam plastik yang berisi udara untuk menjaga kelembabab dalam kemasan. Menyimpan sayuran beku terlalu lama di freezer juga bisa memengaruhi tekstur makanan, jadi pastikan Anda menyimpan sayuran beku dalam kulkas hanya beberapa bulan saja. Untuk memperpanjang masa simpan sayuran beku, tempatkan sayuran pada bagian bagian terdingin dalam kulkas.

Ada baiknya untuk menempatkan sayuran kering ini jauh dari pintu kulkas agar tidak terganggu oleh udara luar. Pastika pula Anda memasak sayuran beku ini dalam waktu ideal satu minggu.

Sayuran Beku

3. Jangan lupa dibersihkan

Seperti pada umumnya, sayuran beku ataupun sayuran segar juga bisa membawa kuman penyakit. Oleh sebab itu membersihkannya sebelum diolah menjadi makanan lezat adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Jadi cara terbaik untuk membersihkan sayuran beku dari bakteri yakni dengan mencairkannya dan membuang air tambahannya. Anda bisa melakukan metode ini jika hendak menumis sayuran tersebut atau mengubahnya menjadi kari.

4. Bayam beku perlu dicairkan sebelum digunakan

Ada baiknya untuk mencairkan setiap sayuran beku sebelum dimasukann ke dalam wajan panas. Jika dimasukkan dalam kondisi beku, maka Anda akan memerlukan waktu yang lebih lama untuk memasaknya. Anda bisa mencairkan sayuran beku di kulkas pada malam sebelumnya atau hanya meletakkanya di atas meja sebelum diolah.

5. Lebih banyak variasi saat dimasak

Sup

Weinstein menjelaskan sayuran beku lebih menyenangkan untuk dimasak. Pasalnya mereka bisa dengan mudah untuk diolah menjadi sup, semur maupun hanya sekadar di tumis. Dalam majalah Taste, sayuran hijau dapat diaduk menjadi yogurt atau krim asam. Sementara beberapa sayuran lembek seperti wortel dan labu bisa dihaluskan dan menjadi topping di atas roti panggang.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini