Share

Stabilitas di Papua Dinilai Tak Terlepas dari Peran BIN

Achmad Fardiansyah , Okezone · Selasa 03 Desember 2019 22:47 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 03 337 2137623 stabilitas-di-papua-dinilai-tak-terlepas-dari-peran-bin-VtKgPsLKWV.jpg Kepala BIN Budi Gunawan (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Pada 1 Desember 2019, situasi di Papua terbilang aman menyusul berbagai rentetan peristiwa unjuk rasa yang terjadi sejak Agustus hingga Desember. Terciptanya stabilitas di Papua dinilai tak terlepas dari peran Badan Intelijen Negara (BIN).

Menurut Analis Intelijen dan Terorisme Stanislaus Riyanta, BIN berhasil dalam operasi menciptakan Papua aman dan damai. Biasanya pada 1 Desember yang disebut sebagai HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM), kelompok separatis di Papua melakukan aksi kekerasan.

"Kepala BIN Jenderal Budi Gunawan tipikal kerja senyap, tapi tuntas. Bukan hanya masalah Papua tetapi pasca-Pilpres hingga pelantikan presiden yang aman dan damai kemarin karena tangan dingin Budi Gunawan," ujar Stanislaus Riyanta dalam keterangan tertulisnya, Selasa (3/12/2019).

Baca Juga: Polri: Tidak Ada Perayaan HUT OPM di Papua pada 1 Desember

Ilustrasi Foto: Ist

Di bawah kepemimpinan Budi Gunawan, menurut Stanislaus Riyanta, BIN memainkan peran yang signifikan dalam menciptakan situasi negara aman dan damai, termasuk dari aspek politik dan budaya. Budi Gunawan juga mampu berkolaborasi dengan Polri dan TNI.

"Tidak perlu meragukan kepemimpinan Budi Gunawan sebagai Kepala BIN. Meskipun jarang terekspos itulah ciri khas intelijen, bekerja dalam senyap, namun berhasil tuntas," katanya.

Baca Juga: 34 Orang Ditangkap Terkait HUT OPM, 20 di Antaranya Jadi Tersangka

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini