Share

Hari Disabilitas Sedunia, PBNU Rumuskan Fiqhiyah Gangguan Mental Siang Ini

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Selasa 03 Desember 2019 12:34 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 03 614 2137326 hari-disabilitas-sedunia-pbnu-rumuskan-fiqhiyah-gangguan-mental-siang-ini-OYRhduIhM2.jpg Penyandang gangguan mental sedang salat. Foto: Secreenshoot dari akun Instagram
A A A

SETIAP 3 Desember diperingati sebagai Hari Disabilitas Sedunia. Peringatan ini pun menjadi perhatian Pengurus Nahdatul Ulama (PBNU).

Untuk itu PBNU menggelar bahtsul masail nasional atau forum diskusi fikih perihal disabilitas mental atau penyandang gangguan jiwa, siang ini, Selasa (3/122019).

Lewat acara tersebut, Lembaga Bahtsul Masail (LBM) PBNU mendata dan mempelajari masalah yang muncul terkait disabilitas mental. Dari situ akan dibuat rumusan-rumusan fiqhiyah atas problematika difabel mental.

“Kita membahas masalah-masalah yang ada, dan merumuskan keputusan hukum fiqih penyandang disabilitas mental sebagai rujukan teologis pelaksanaan Islam inklusif,” ujar Sekretaris LBM PBNU H Sarmidi Husna.

LBM PBNU juga membahas masalah keagamaan yang dihadapi oleh pemyandang gangguan mental. Sebab disabilitas mental selama ini belum banyak mendapat perhatian dari kalangan agamawan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

“Menggali masukan-masukan dari para peserta terkait masalah keagamaan penyandang disabilitas mental baik terkait masalah peribadatan (ubudiyah), tata pergaulan sosial (muamalah), kebijakan publik (as-siyasah), dan lain-lain,” kata Sarmidi sebagaimana dilansir dari laman Nu Online.

Redaksi Okezone menerima foto atau tulisan pembaca berupa artikel tausyiah, kajian Islam, kisah Islam, cerita hijrah, kisah mualaf, event Islam, pengalaman pribadi seputar Islam, dan lain-lain yang berkaitan dengan Muslim. Dengan catatan foto atau artikel tersebut tidak pernah dimuat media lain. Jika berminat, kirim ke redaksi.okezone@mncgroup.com, cc okezone.lifestyle2017@gmail.com.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini