Share

Sejatinya Wakaf Tak Hanya Berbentuk Tanah dan Bangunan

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 03 Desember 2019 12:55 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 03 614 2137338 sejatinya-wakaf-tak-hanya-berbentuk-tanah-dan-bangunan-ezXWWo3i9B.jpg Wakaf emas (Foto: Manorama)
A A A

Selama ini masyarakat kebanyakan hanya tahu kalau wakaf itu berbentuk tanah dan bangunan. Padahal tidak seperti itu.

Wakaf bisa berbentuk benda lainnya. Oleh karena itu Rumah Zakat mengadakan Roadshow Gelombang Wakaf untuk mengedukasi masyarakat mengenai wakaf.

 Wakaf tak harus selalu tanah

CEO Rumah Zakat, Nur Efendi mengatakan, gerakan gelombang wakaf ini dilatarbelakangi oleh minimnya edukasi wakaf di masyarakat. Selain itu juga minimnya pengetahuan masyarakat mengenai wakaf.

Apalagi saat ini, ujar dia, masyarakat hanya mengenal wakaf dalam bentuk barang tidak bergerak. Wakaf identik dengan tanah dan bangunan.

"Padahal dalam aturannya, wakaf bisa berbentuk uang, emas, mobil dan barang lainnya yang digunakan untuk kepentingan sosial," kata Efendi di Jakarta, Selasa (3/12/2019).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Apabila wakaf dikelola dengan baik oleh lembaganya maka bentuknya akan menjadi wakaf produktif. Wakaf produktif ini lebih bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat.

Efendi berharap gelombang wakaf ini dapat memberikan edukasi kepada masyarakat. Selain itu juga mengajak keterlibatan masyarakat untuk aktif mengikuti program wakaf.

Rangkaian Roadshow Gelombang Wakaf ini dimulai sejak awal 2019 lalu. Sebelumnya sudah diselenggarakan di beberapa kota antara lain di Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Solo, dan Bandung.

Sedangkan Roadshow Gelombang Wakaf selanjutnya akan dilakukan di Tangerang, Palembang, Cilegon, Aceh, Batam, dan Medan. Diharapkan roadshow ini memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai wakaf.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini