Share

Hari Disabilitas Sedunia, Viral Pemuda Tetap ke Masjid Meski Sulit Berjalan

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Selasa 03 Desember 2019 13:48 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 03 614 2137367 hari-disabilitas-sedunia-viral-pemuda-tetap-ke-masjid-meski-sulit-berjalan-MudPwrjGFZ.jpg Foto: Secreenshoot dari akun Instagram @ceramah.berfaedah
A A A

ALLAH SWT menciptakan segala sesuatunya untuk dipetik hikmahnya. Seperti ciptaanNya berupa insan yang menjalani keterbatasan fisik atau penyandang disabilitas, melihat itu umat Muslim juga bisa mengambil pelajaran.

Contohnya umat Muslim bisa belajar dari video penyandang disabilitas yang diunggah oleh akun Instagram @ceramah.berfaedah. Dalam rekaman yang sudah viral itu terlihat pemuda yang kakinya tak sempurna tetap datang ke masjid.

Di rekaman itu ia tampak susah berdiri, dan kemudian susah juga berjalan. Video yang sudah ditonton puluhan ribu kali sejak diunggah lima hari lalu, itu tentunya pantas dijadikan sebagai fakta yang bisa diambil hikmahnya.

Selain itu, pada peringatan Hari Disabilitas Sedunia, Selasa (3/12/2019), Muslim juga bisa belajar dari video unggahan akun @teladan_alquran. Di video itu terlihat sejumlah bocah penyandang tuna netra sedang belajar membaca Alquran braille atau Alquran yang ditulis dengan huruf braille.

Lihat postingan ini di Instagram

Tolong Aamiin kan do'a ini :⁣ .⁣ Ya Allah! Berkahilah usia kami, sehatkanlah tubuh kami, terangilah hati kami, mantapkanlah iman kami, bantulah kami memperbaiki amalan kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari keburukan, kabulkanlah kebutuhan kami baik dalam agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.. Aamiin Ya Rabbal'alamiin .⁣ .⁣ Sudah tahukah anda bahwa Rasulullah tdk pernah meninggalkan sholat berjamaah, sejak shalat diwajibkan malam isra miraj hingga shalat terakhir dalam hidup beliau? .⁣ .⁣ Tahukah anda bahwa banyak di antara para ulama yg seumur hidupnya tidak pernah shalat fardhu sendirian dan selalu berjamaah sampai akhir hayat mereka?⁣ .⁣ Tahukah anda bahwa diantara mereka ada yg rela walaupun harus membayar orang, demi menemani shalat berjamaah?⁣ .⁣ Tahukah anda bahwa ada sebagian ulama yg pernah menangis selama 40 hari krn merasa rugi yg amat mendalam sebab tertinggal satu sholat fardhu berjamaah saja?⁣ .⁣ Tahukah Anda bahwa khusus utk shalat isya dan subuh berjamaah berpahala seperti shalat setengah malam dan semalam suntuk?⁣ .⁣ Tahukah Anda bahwa org yg shalat subuh berjamaah, maka di hari itu kehidupannya di bawah perlindungan ​اَللّهُ ? Artinya, bila ada org yg mengusiknya maka dia berurusan langsung dgn ​اَللّهُ .⁣ Tahukah Anda bahwa krn begitu utamanya shalat berjamaah sehingga dalam madzhab hanafi difatwakan bahwa hukum shalat berjamaah adalah wajib?⁣ .⁣ Tahukah anda bahwa dalam suatu hadits, Rasulullah geram kepada muslim yg enggan shalat berjamaah hingga berkeinginan membakar rumah mereka?⁣ .⁣ | 😇 @ceramah.berfaedah⁣ .⁣ .⁣ .⁣ .⁣ .⁣ 😇 @ceramah.berfaedah⁣ #CeramahBerfaedah dari @sahabatsurga⁣ .⁣ 🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰⁣ #kajianislam #muhasabahdiri #muhasabah #dakwahmudah #ingatmati #selfreminder #kajianpencerahhati #kalamberhijrah #dakwahcinta #hambaallah #dakwahliterasi #belajarhijrah #perbaikidiri #mukmin #hikmah #hadistshahih #tausiah #sabarlahdiriku #negriakhirat ⁣#introspeksidiri #catatanhijrah #hijrahfisabilillahid #akhirzaman ⁣#sholat #ustadzhandybonny #peradaban #dakwahsunnah #manhajsalafusshalih #dakwahtauhid

Sebuah kiriman dibagikan oleh Ceramah Ustadz (@ceramah.berfaedah) pada

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Pelajaran atau hikmah yang bisa dipetik dari unggahan itu adalah, bocah yang tak bisa melihat saja punya motivasi yang tinggi untuk belajar Alquran. Tentu hal itu patut dicontoh oleh insan yang fisiknya sempurna.

“Masyaa Allah!!! Bahan renungan dan motivasi untuk semangat belajar Alquran,” dimikian pesan tertulis dalam unggahan video tersebut.

Tak hanya itu, umat Muslim juga bisa belajar banyak dari pengidap gangguan jiwa yang masih mengerjakan salat.

Contohnya foto unggahan akun Instagram @ka_wula_alit pada 5 November 2019. Di foto itu tampak penyandang gangguan mental salat di depan parkiran mobil.

“Dia (red. penyandang gangguan jiwa) lupa siapa dirinya, tapi dia tidak lupa siapa yang menciptakannya,” komentar akun @ muhammadali_nr.

Redaksi Okezone menerima foto atau tulisan pembaca berupa artikel tausyiah, kajian Islam, kisah Islam, cerita hijrah, kisah mualaf, event Islam, pengalaman pribadi seputar Islam, dan lain-lain yang berkaitan dengan Muslim. Dengan catatan foto atau artikel tersebut tidak pernah dimuat media lain. Jika berminat, kirim ke redaksi.okezone@mncgroup.com, cc okezone.lifestyle2017@gmail.com.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini