Share

Pesan Ustadz Das'ad Latif untuk Anak Muda agar Jadi Orang Hebat

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 03 Desember 2019 13:17 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 03 616 2137352 pesan-ustadz-das-ad-latif-untuk-anak-muda-agar-jadi-orang-hebat-JVQvnpGmt8.jpg Ustadz Das'ad Latif Saat Memberikan Tausiyah (Foto: Instagram)
A A A

Menuntut ilmu adalah kewajiban setiap manusia, khususnya kaum muslim. Menjadi hamba yang berilmu juga dapat bermanfaat untuk orang lain. Hal ini juga disampaikan oleh dai kondang asal Sulawesi Selatan, ustadz Das'ad Latif.

Ustadz Das'ad Latif mengatakan, Nabi Muhammad SAW memerintahkan umatnya belajar dan mencari ilmu. "Kata Nabi, utlubul ilma. Belajarlah kau," ujarnya seperti dikutip dari channel youtubenya, Das'ad Latif dengan judul Jangan Jadi Umat Dungu.

Berikut ini dua hadist yang menerangkan kewajiban mencari ilmu, yaitu:

اُطْلُبُوْا الْعِلْمَ وَلَوْ بَيْنَكَ وَبَيْنَهُ بَحْرٌ مِنَ النَّارِ

Utlubul ilma walau bainaka wa bainahu bahrun minan naar

Artinya: "Carilah ilmu walaupun antara kamu dan ilmu ada lautan api"

أُطْلُبُوْا العِلْمَ وَلَوْ بِالصِّيْنِ

Utlubul ilma walau bissin

Artinya: "Carilah ilmu walaupun ke negeri China"

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Ia juga menerangkan, bahwa manusia harus belajar dan mencari ilmu, supaya tidak menjadi seseorang yang dungu karena miskin pengetahuan. Perintah ini terutama ditujukan untuk anak-anak muda.

"Anak-anak muda, kalau kalian mau hebat di kampungmu kalian harus belajar. Isi otakmu jangan kau menjadi umat yang dungu," terang pria yang kerap disapa ustadz stand up comedy ini.

Jika menjadi manusia yang dungu, maka masa depan Anda akan dipertaruhkan. Misalnya, seseorang yang tidak belajar maka hanya akan menjadi penonton saja, melihat teman-teman atau saudara lainnya sukses.

"Makanya, kalian harus belajar, selalu menuntut (ilmu). Utamakan putra daerah, tapi kalau enggak ada otak? Bagaimana caranya (bekerja)," jelasnya.

Menjadi cerdas, kata Das'ad, tidak hanya untuk diri sendiri saja. Melainkan, ilmu itu akan bermanfaat untuk memajukan daerah masing-masing supaya tidak tertinggal. "Maka kau harus cerdas mengelola kampungmu," tegasnya.

Netizen pun beramai-ramai membanjiri kolom komentar postingan video ceramah Ustadz Das'ad. "Masha Allah mantap ceramahnya Ustadz Latif. Semoga sehat selalu & bermanfaat bagi seluruh umat Muslim & semoga dalam lindungan AllahSWT Amiin Ya Robbal Allamiin love Ustadz Latif," kata Maria Ulfa.

"Ustadz satu ini memang inspirasi bagi saya pribadi. Terima kasih ustadz yang penuh semangat dan motivasi belajar buat saya pribadi," kata Januar Catur.

"Allah hummasholi ala Muhammad walaalisayyidina Muhammad. Semoga kita jadi orang-orang yang cerdas amal ma’ruf nahi mungkar. Barokallah, amin, aamin," ujar Anay Perak.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini