Share

Siswa Terancam Gagal SNMPTN, Jika Sekolah Tak Bikin Akun LTMPT

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Okezone · Selasa 03 Desember 2019 16:52 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 03 65 2137483 siswa-terancam-gagal-snmptn-jika-sekolah-tak-bikin-akun-ltmpt-TdN8Cj6BSJ.jpeg Milenial (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Proses penerimaan mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) untuk tahun 2020 telah dimulai. Diawali dengan masa registrasi akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) oleh sekolah maupun siswa, dari 2 Desember 2019 hingga 7 Januari 2020 melalui portal.ltmpt.ac.id.

Pembuatan akun LTMPT ini menjadi kewajiban bagi sekolah dan siswa yang akan mendaftarkan diri melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Khusus bagi sekolah, pembuatan akun LTMPT wajib dilakukan, sebab jika sekolah tidak membuat akun LTMPT maka bisa dipastikan siswanya tidak akan bisa mendaftarkan diri di jalur SNMPTN maupun jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Baca Juga: Ikut SNMPTN 2020? 10 Kampus Ini Paling Banyak Terima Siswa

Kepala Humas dan Protokol Universitas Jember Agung Purwanto, mengimbau agar semua sekolah membuat akun LTMPT, pasalnya pembuatan akun LTMPT oleh sekolah diperlukan sebagai salah satu syarat bagi siswanya untuk mendaftarkan diri baik melalui jalur SNMPTN maupun SBMPTN. Termasuk bagi siswa lulusan tahun 2018 dan 2019 yang ingin mendaftarkan diri melalui jalur SBMPTN.

"Tentu sangat disayangkan jika masih ada sekolah yang tidak membuat akun LTMPT, sebab ini artinya menutup kesempatan siswanya melanjutkan studi di PTN baik melalui jalur SNMPTN maupun SBMPTN,” tegas Kepala Humas dan Protokol Universitas Jember Agung Purwanto, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Selasa (3/12/2019).

SNMPTN

Menurut Agung, pihaknya akan terus menyosialisasikan aturan SNMPTN-SBMPTN 2020, mengingat setiap tahunnya ada saja siswa yang belum tahu tata cara pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN.

“Setiap tahun ada saja siswa yang telat atau tidak bisa mendaftarkan diri di jalur SNMPTN atau jalur SBMPTN gara-gara minim informasi, termasuk tidak mendapatkan informasi yang cukup dari sekolahnya," ujarnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini