Share
Advertisement

Presiden : Bumikan Pancasila Lewat Medsos

Pernita Hestin Untari , Jurnalis-Jum'at 06 Desember 2019 10:03 WIB
Presiden Jokowi saat memberikan Presidential Lecture di Istana Negara, Jakarta, Rabu (3/12/2019). Foto : Biro Setpres
Presiden Jokowi saat memberikan Presidential Lecture di Istana Negara, Jakarta, Rabu (3/12/2019). Foto : Biro Setpres
A
A
A

Presiden Joko Widodo mengajak semua pihak untuk membanjiri media komunikasi anak-anak muda zaman sekarang dengan narasi-narasi besar tentang ideologi Pancasila.

Menurut Presiden, media komunikasi anak-anak muda sekarang sangat beragam, mulai dari aplikasi WhatsApp, Telegram, Line, hingga Kakao Talk. Selain itu, layanan video seperti YouTube, Netflix, hingga Iflix dan media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, hingga Snapchat juga kerap digunakan anak-anak muda.

"Ideologi Pancasila pun sekarang ini memang harus kita sebarkan, kita banjiri narasi-narasi besarnya lewat barang-barang ini kalau kita tidak ingin keduluan oleh ideologi lain yang menggunakan barang-barang yang tadi saya sebut, hati-hati,”ujar Jokowi saat memberikan Presidential Lecture tentang internalisasi dan pembumian Pancasila di Istana Negara, Jakarta, Selasa, (3/12/2019).

Agar Pancasila itu bisa diterima dengan mudah oleh anak-anak muda, maka jajarannya (kementerian dan lembaga pemerintahan) harus memahami karakteristik anak-anak muda sekarang. Mulai dari medium komunikasi yang digunakan, tokoh yang mereka ikuti, hingga hal yang menjadi kesukaan anak-anak muda.

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement