Share

Kewajiban Salat Jumat Tertulis di Dalam Alquran

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 06 Desember 2019 10:08 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 06 330 2138622 kewajiban-salat-jumat-tertulis-di-dalam-alquran-4zqgnS3Rhs.jpg Ilustrasi. Foto: SCMP
A A A

HARI jumat kerap dijuluki Sayyidul ayyam, artinya Pemimpin hari. Bukan tanpa sebab, karena di waktu tersebut kaum Muslimin diwajibkan untuk berkumpul, khususnya laki-laki melaksanakan Salat Jumat.

Wakil Bendahara Lembaga Ta’lif wan Nasyr Nahdlatul Ulama (LTNNU), Ustadz Abdul Malik, mengatakan, kewajiban Salat Jumat pada hari Jumat telah ditulis dalam Alquran.

"Kewajiban Salat Jumat itu difirmankan dalam surat Jumu’ah," ujarnya saat dihubungi Okezone beberapa waktu lalu.

Seperti dijelaskan dalam Surat Al Jum'ah ayat 9 yang berbunyi:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Yā ayyuhallażīna āmanū iżā nụdiya liṣ-ṣalāti miy yaumil-jumu'ati fas'au ilā żikrillāhi wa żarul baī', żālikum khairul lakum ing kuntum ta'lamụn.

Ilustrasi. Foto: Istimewa

Artinya: "Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan Salat Jumat, maka bersegeralah kamu mengingat kepada Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui".

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Ayat di atas mengatakan bahwa salat Jumat adalah perintah langsung dari Allah SWT. Kemudian saat itu juga diserukan supaya meninggalkan jual beli.

Selain Salat Jumat, disunahkan setiap Muslim mandi Jumat, memotong kuku, mencukur rambut, hingga membaca surat tertentu, di antaranya Surat Al-Kahfi.

"Karena keistimewaan ini, maka munculah beragam kesunahan di hari Jumat," katanya.

Sementara Ketua Bidang Pendidikan dan Kaderisasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat KH Abdullah Jaidi mengatakan hal senada, yaitu mandi sebelum melaksanakan Salat Jumat adalah sunah.

"Meski begitu yang terpenting sebenarnya adalah bebas dari hadast dan najis sebelum Salat Jumat," ucapnya.

Sementara diterangkan dalam hadist berikut ini:

إِذَا اَرَادَ اَحَدُكُمْ أَنْ يَأتِىَ الْجُمُعَةَ فَلْيَغْتَسِلْ

Artinya: "Dari Ibnu Umar, Rasulullah SAW bersabda " Apabila salah seorang dari kamu hendak sembahyang (salat) Jumat, hendaklah ia mandi". (H.R Muslim).

Redaksi Okezone menerima foto atau tulisan pembaca berupa artikel tausyiah, kajian Islam, kisah Islam, cerita hijrah, kisah mualaf, event Islam, pengalaman pribadi seputar Islam, dan lain-lain yang berkaitan dengan Muslim. Dengan catatan foto atau artikel tersebut tidak pernah dimuat media lain. Jika berminat, kirim ke redaksi.okezone@mncgroup.com, cc okezone.lifestyle2017@gmail.com.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini