Share

Ini Amalan Supaya Selamat Ketika Bepergian Naik Kendaraan

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 23 Januari 2020 14:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 23 330 2157196 ini-amalan-supaya-selamat-ketika-bepergian-naik-kendaraan-QQFMLePVCm.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock
A A A

SEBAGAI ikhtiar agar selamat dalam perjalanan ketika bepergian naik kendaraan, umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak amal baik.

Ketua Forum Komunikasi Dai Muda Indonesia (FKDMI) Jakarta Timur, Ustadz Asroni Al Paroya mencontohkan, ketika menginjakkan kaki di dalam kendaraan, Muslim hendaknya lebih dulu membaca basmallah sebanyak tiga kali.

Kemudian, setelah di dalam kendaraan hendaknya mengucapkan Hamdallah dan membaca doa berikut ini: 

سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ

“Maha Suci Allah yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.” (QS. Az-Zuhruf : 13)

Setelah itu ketika dalam perjalanan juga membaca kalimat-kalimat Illahi, yakni hamdallah sebanyak tiga kali, takbir tiga kali dan membaca:

سُبْحَانَكَ إِنِّى قَدْ ظَلَمْتُ نَفْسِى فَاغْفِرْ لِى فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

“Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku telah menzholimi diriku sendiri, maka ampunilah aku karena tidak ada yang mengampuni dosa-dosa selain Engkau).” (HR. Muslim).

Asroni menambahkan, amalan sunah seperti bersalawat juga sangat bagus dilakukan ketika umat sedang dalam perjalanan.

"Amalan yang dilakukan dalam perjalanan selain doa adalah zikir, istighfar dan tasbih. Kemudian memperbanyak baca shalawat, karena amalan shalawat cocok ditempatkan dimanapun dan kapanpun, ujarnya kepada Okezone, Kamis (23/1/2020).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini