Share

Solusi Utama Atasi Aquaplaning

Medikantyo, Okezone · Kamis 23 Januari 2020 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 23 87 2157164 solusi-utama-atasi-aquaplaning-rvEeKDuFEF.png Ilustrasi aquaplaning. Foto : Istimewa

Mengemudi dalam kondisi jalanan berair bisa membahayakan pengemudi dan penumpang kendaraan. Bahaya muncul saat pengemudi tidak bisa mengendalikan setir atau mengontrol mobil akibat jalanan licin. Apalagi bila kondisi ban sudah aus dan rusak.

Produsen ban yang berkantor pusat Nokia, Finlandia Nokian Tyres menyebutkan, cara terbaik untuk menghindari kondisi yang disebut aquaplaning adalah menggunakan ban baru.

Memang, ban baru tidak sepenuhnya membantu mengurangi risiko aquaplanning. Namun kemungkinan untuk mengontrol mobil dan mengendalikannya sesuai dengan kecepatan yang diinginkan pengemudi setidaknya bisa dilakukan dengan lebih baik.

Dari sudut pandang keamanan berkendara, sangat penting bagi kita para pemilik mobil menggunakan ban yang mempunyai alur kedalaman sesuai dengan iklim dan kondisi jalan yang dihadapi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Saat jalanan penuh air dan kecepatan melebihi batas, ancaman yang paling nyata adalah ban yang tidak mampu menapak dengan baik dan kuat di jalanan. Bahaya selip bakal terjadi.

Penelitian terakhir, menurut Nokian, dilakukan oleh Teniikan Maalima (TM) salah satu majalah mobil terkemuka yang diterbitkan di Helsinki, Finlandia, dan terbesar di seluruh majalah teknologi di Skandinavia, pada Mei 2018.

Ban yang sudah aus bakal menyebabkan aquaplaning pada kecepatan sekurangnya 75 km/jam. Ban baru yang terbaik yang diuji akan menyebabkan aquaplaning pada kecepatan 88 km/jam. Jadi, meski ban baru pun Anda harus tetap hati-hati dan kontrol kecepatan mobil.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini