Share

Membuat Taman di Rumah Minimalis, Begini Caranya

Irene , Okezone · Sabtu 29 Februari 2020 13:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 27 470 2175021 membuat-taman-di-rumah-minimalis-begini-caranya-1ERUkDaFwm.jpg Tips Membuat Taman di Rumah. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)
A A A

JAKARTA - Kehadiran taman di sebuah rumah semakin menambah kesan asri hunian. Namun bagaimana menyesuaikan taman dengan konsep rumah minimalis?

Melansir buku '40 Inspirasi Desain Taman Minimalis' karya Nirwono Joga dan Ita Puspitasari, Sabtu (25/2/2020), taman merupakan elemen pelengkap untuk menonjolkan karakter bangunan. Adanya taman pada rumah minimalis yang umumnya kaku akan memperlunak penampilan keseluruhan bangunan yang bersifat keras.

Baca Juga: Baru Bangun Rumah? Jangan Lupa Persiapan Perawatannya!

Untuk menyesuaikan taman dengan rumah minimalis, hendaknya memilih karakter tanaman yang tidak tumbuh liar (wield). Tanaman harus memiliki kejelasan bentuk, misalnya tidak memiliki terlalu banyak daun, memiliki cabang yang kuat dan berkarakter eksotis.

Umumnya, taman dengan karakter ini cenderung menggunakan jenis tanaman yang sama dalam jumlah masal atau satu sampai dengan dua tanaman. Tanaman tersebut kemudian ditempatkan di atas hamparan rumput hijau atau batu koral mulai dari warna hitam dan putih, serta pasir sebagai ground cover.

Baca Juga: Maskimalkan Fungsi Ruang Bawah Tangga, Begini Caranya

Sebagai contoh, penggunaan tanaman iris yang bertajuk vertikal kemudian ditempatkan di depan dinding yang diplester secara horizontal akan menjadi penyeimbang pada dinding. Selain itu, tanaman juga bisa ditempatkan pada pot-pot dengan bentuk sederhana.

Taman minimalis akan hadir dalam wujud garis-garis vertikal dan horizontal yang bersih, bentuk-bentuk yang murni dan polos, berkarakter, dan berkualitas. Taman dengan konsep ini akan menghadirkan keheningan dan kesegaran untuk bermeditasi dan berelaksasi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Taman minimalis memiliki karakter antara lain bahan efisien; praktis; dan ringan, sedikit ornamen dekoratif sehingga berkesan ringkas, adanya elemen taman dan air sehingga berkesan dinamis, praktis dalam pemeliharaan dan efisien dalam optimalisasi ruang.

Selain itu, taman minimalis juga memiliki jenis tanaman sederhana dan tidak rimbun, dengan karakter bangunan yang lebih menonjol. Taman minimalis merupakan taman dengan penataan yang sederhana, fungsional, dan minim ornamen.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini