Share

Taman Bikin Rumah Terkesan Menawan dan Nyaman

Irene , Okezone · Sabtu 29 Februari 2020 14:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 27 470 2175033 taman-bikin-rumah-terkesan-menawan-dan-nyaman-vCXPU7x9iS.jpg Tips Membuat Taman di Rumah. (Foto: Okezone.com/Distrihome)
A A A

JAKARTA - Rumah bergaya minimalis akan terlihat semakin menawan dengan kehadiran sebuah taman. Apalagi tamannya juga bergaya minimalis.

Melansir buku '40 Inspirasi Desain Taman Minimalis' karya Nirwono Joga dan Ita Puspitasari, Sabtu (25/2/2020), perpaduan kedua hal tersebut akan memberi dampak positif bagi lingkungan terutama bagi penghuninya. Lingkungan yang tercipta akan menjadi nyaman dan asri. Sementara, energi positif dan perasaan juga akan terasa.

Baca Juga: Baru Bangun Rumah? Jangan Lupa Persiapan Perawatannya!

Taman minimalis sering dijadikan solusi di antara permasalahan keterbatasan lahan, waktu dan biaya. Oleh karenanya, simak mengapa taman minimalis begitu penting untuk melengkapi rumah yang minimalis pula.

Bangunan dan alam merupakan dua hal yang saling melengkapi. Oleh karena itu, penampilan sebuah rumah akan lebih baik jika dilengkapi taman yang indah dengan konsep serupa.

Baca Juga: Maskimalkan Fungsi Ruang Bawah Tangga, Begini Caranya

Rumah minimalis biasanya hadir dengan konsep bangunan yang simpel dan minim ornamen. Hadirnya taman minimalis yang letaknya di depan, belakang atau samping rumah akan menjadi mediator antara rumah sebagai bangunan mati dengan lingkungan luar.

Selain itu, taman minimalis juga dapat menyiasati keterbatasan. Saat ini banyak sekali rumah yang mengabaikan fungsi suatu lahan, misalnya menggunakan lahan taman sebagai perkerasan yang kemudian dimanfaatkan menjadi carport atau tempat jemuran. Padahal lahan hijau sangat berpengaruh terhadap lingkungan alam walaupun sedikit.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Agar air hujan dapat meresap ke dalam tanah, idealnya perbandingan bangunan rumah dan taman adalah 50%-70%, untuk koefisien dasar bangunan (KDB) dan 30%-50% untuk koefisien dasar hijau (KDH). Hal ini menjadi acuan dalam merancang rumah yang nyaman dan sehat.

Di tengah keterbatasan lahan yang sempit, tidak menutup kemungkinan untuk tetap menghadirkan taman di rumah. Dengan konsep taman minimalis, aplikasi jenis tanaman yang tidak rimbun dan tidak memerlukan ruang yang banyak akan menjadi pilihan yang tepat, khususnya bagi rumah berkonsep minimalis.

Aktivitas padat yang biasanya dimiliki sebagian besar orang membuat taman biasanya tak diperhatikan. Namun taman minimalis dapat mengatasi keterbatasan dana dan waktu karena taman ini murah dalam pembuatan dan perawatannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini