Share

Sebelum Membuka Usaha, Persiapkan Mental hingga Modal

Vania Halim , Okezone · Sabtu 29 Februari 2020 19:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 29 320 2175995 sebelum-membuka-usaha-persiapkan-mental-hingga-modal-hXv9MYvIKA.jpeg Grafik Ekonomi (Foto: Okezone.com/Shutterstock)
A A A

JAKARTA - Tidak ada kesuksesan yang dapat diraih dalam sekejap. Sebagian besar orang membangun kesuksesannya melalui proses. Kita juga memerlukan beberapa persiapan sebelum membuka usaha, seperti persiapan jaringan, tempat, waktu.

Mengutip dari buku '99 BISNIS IBU RUMAH TANGGA' karya Malahayati, membuka usaha juga perlu persiapan agar yang dikelola dapat berjalan dengan lancar serta dapat meminimalisir keuangan. Berikut persiapan yang perlu dilakukan.

Baca Juga: Siasat Keluar dari Kebangkrutan Usaha, Jangan Panik!

Pertama, persiapan mental. Kita akan merasakan tidak nyaman saat memasuki lingkungan dan rutinitas baru. Tetapi, lama kelamaan akan merasa terbiasa dengan keadaan tersebut. Oleh karena itu, sebelum memasuki rutinitas baru, kita harus mempersiapkan mental untuk menerima segala risiko ketika melakukan rutinitas yang baru.

Baca Juga: Ragu Memulai Bisnis? Simak Tips Ini

Kedua, persiapan skill atau keahlian. Skill yang diperlukan tidak perlu muluk-muluk, bisa sesuai dengan kebiasaan atau pengalaman sudah cukup untuk bekal dalam meniti usaha.

Ketiga, persiapan modal. Modal yang dimaksud adalah modal finansial atau uang. Pada umumnya, untuk membuka usaha bisnis membutuhkan dana awal sebagai modal. Modal merupakan salah satu hal penting dalam membuka usaha, tetapi bukan segala-galanya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Keempat, persiapan tempat. Tempat untuk menjadi pebisnis dapat dilakukan di rumah. Penyediaan ruang khusus ini juga bertujuan agar kehidupan dalam berkeluarga privasinya dapat terjaga.

Kelima, persiapan waktu. Jika kita ingin terjun ke dunia bisnis, harus cerdas dalam membagi waktu untuk pribadi, keluarga, dan sosial. Keseimbangan adalah kunci dalam mengatur waktu.

Keenam, persiapan jaringan. Setiap melakukan bisnis pasti melibatkan jaringan, karena tanpanya tidak ada bisnis. Salah satu kunci sukses dalam berbisnis adalah berhasil atau tidak seseorang dalam membangun dan memanfaatkan jaringan. Jika tidak ada jaringan bisnis yang kuat, hampir dapat dipastikan bisnis tersebut tidak akan maju.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini