Share

Punya Ruang atau Rumah Kosong? Manfaatkan untuk Buka Usaha

Irene , Okezone · Sabtu 29 Februari 2020 20:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 29 320 2175997 punya-ruang-atau-rumah-kosong-manfaatkan-untuk-buka-usaha-yjTzVlzDHP.jpeg Foto Rumah: Ilustrasi Shutterstock
A A A

JAKARTA - Ada beberapa usaha yang dapat dikembangkan oleh ibu rumah tangga. Salah satunya usaha kos yang saat ini banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari dan relatif mudah untuk dipraktikkan.

Mengutip dari buku '99 BISNIS IBU RUMAH TANGGA' karya Malahayati, indekos merupakan tempat penyewaan tempat tinggal, baik yang sudah dilengkapi peralatan di dalamnya maupun belum. Berbeda dengan kontakan, pada umumnya indekos hanya terdiri dari satu ruangan yang digunakan untuk ruang tidur.

Baca Juga: Siasat Keluar dari Kebangkrutan Usaha, Jangan Panik!

Sementara itu kontrakan biasanya terdiri dari beberapa ruangan dan kamar. Pada umumnya, indekos banyak ditemui di perkotaan, kampus, atau daerah padat penduduk. Apabila kamu mempunyai rumah yang mempunyai banyak kamar kosong atau rumah yang tidak ditempati, tidak ada salahnya jika kamu menyewakan kamar tersebut untuk menambah pendapat keluarga.

Ditambah lagi bila rumah berdekatan dengan daerah perkotaan atau kampus. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuka usaha indekos.

Baca Juga: Ragu Memulai Bisnis? Simak Tips Ini

Jika kamu ingin berbisnis indekos, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan. Mempunyai lahan di daerah yang akan disewakan. Ada baiknya jika lahan tersebut milik pribadi dan letaknya strategis.

Memberlakukan syarat khusus sehingga tahu apa saja hak dan kewajiban pemilik rumah dan orang yang menyewakan tersebut. Selanjutnya, membeli perabotan indekos seperti tempat tidur, lemari, meja belajar dan perabotan lainnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Terakhir yang perlu dipersiapkan dengan memberikan pelayanan dan kepuasan terhadap pengontrak. Kita perlu memperhatikan langkah-langkah berikut untuk bisnis indekos. Kamu juga perlu memilah calon penyewa yang sesuai keinginan agar tidak menyesal di kemudian hari.

Memberikan kepuasan bagi konsumen, salah satunya dengan memberikan pelayanan seperti memperhatikan kuantitas atau kecukupan air sepanjang waktu, membuat ventilasi yang cukup di dalam ruang kontrakan karena sirkulasi udara yang baik sangat dibutuhkan oleh penyewa.

Mendesain kamar mandi senyaman mungkin, tidak perlu besar, yang penting bersih. Mempertimbangkan dalam menentukan harga yang sebanding dengan fasilitas yang diberikan. Mengadakan renovasi secara teratur sangat penting, baik dari segi cat rumah, fasilitas, maupun beberapa tempat lainnya yang harus diperbaiki.

Selain persiapan dan pelaksanaan, perlu juga membuat promosi. Bisa melakukan promosi secara konvensional dari mulut ke mulut merupakan cara yang efektif. Kamu dapat memanfaatkan beberapa jaringan seperti teman, saudara, dan tetangga.

Promosi melalui leaflet atau brosur dapat dibagikan di tempat strategis atau tempat yang sesuai di tempat strategis seperti perkantoran, pabrik, dan kampus. Promosi dengan cara menempelkan kertas pengumuman di depan rumah bahwa ada kamar yang dikontrakkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini