Share

Kadis Sumber Daya Air DKI Klaim Drainase di Jakarta Berfungsi Baik

Fadel Prayoga , Okezone · Sabtu 29 Februari 2020 22:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 29 338 2176225 kadis-sumber-daya-air-dki-klaim-drainase-di-jakarta-berfungsi-baik-yriUzHztD7.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta, Juaini mengklaim bahwa sistem drainase air di beberapa kawasan telah berfungsi secara optimal saat hujan deras mengguyur wilayah Ibu Kota, beberapa waktu lalu. Namun, penyebab masih adanya banjir lantaran kondisi sungai saat itu sudah meluap, sehingga air tidak bisa dilarikan ke sana.

"Sebenarnya drainase kita berfungsi, cuma mau mengalirkan ke sungai, tapi sungainya sendiri sudah meluap," kata Juaini kepada wartawan, Sabtu (29/2/2020).

Menurut dia, jika sungai sudah meluap, maka drainase tak akan bisa bekerja mengalirkan air ke sungai. "AKhirnya air di drainase kita Enggak bisa mengalirkan air ke sungai. Air yang akan dilarikan ke sungai mengalami kendala," ujarnya.

Terkait langkah antisipasi Dinas SDA agar peristiwa serupa tak terulang kembali, dirinya tak bisa menjelaskan sebuah solusi maupun program kerja yang akan dilakukan Dinas SDA.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Banjir (PUPR) telah mengkaji faktor banjir yang melanda DKI Jakarta dan beberapa wilayah penyangga di sekitarnya, Minggu hingga Senin 23-24 Februari 2020. Banjir tersebut didominasi oleh faktor kurang berfungsinya drainase saat hujan deras.

Deputi Sistem dan Strategi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Bernadus Wisnu Widjaja mengatakan, banjir pada 23 Februari 2020, terjadi di 83 titik. Dari sejumlah titik tersebut, 85,54 persen atau 71 titik disebabkan karena drainase, sedangkan sisanya sistem sungai.

Pada 24 Februari 2020 lalu, banjir terjadi di 76 titik, dengan rincian karena drainase 65 persen atau 30 titik, sisanya sistem sungai.

"Menggiatkan kembali program kerja bakti di lingkungan masing-masing dengan membersihkan drainase, selokan, saluran air dan sungai di sekitar kita, menghindari buang sampah ke sungai yang dapat menyumbat aliran air," ujar Wisnu dalam keterangan tertulis, hari ini.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini