Share

Tak Hanya Indonesia, Jamaah Amerika Juga Bingung Tak Bisa Umrah

Sabtu 29 Februari 2020 11:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 29 615 2176019 tak-hanya-indonesia-jamaah-amerika-juga-bingung-tak-bisa-umrah-N0SYaCTVeR.jpg Ibadah umrah di Makkah (Foto: Alamy Stock)
A A A

Arab Saudi terpaksa menutup pintu bagi jamaah umrah dari berbagai belahan dunia. Rupanya tak hanya jamaah umrah dari Indonesia yang tertunda keberangkatannya, jamaah dari Amerika Serikat (AS) juga merasakan hal yang sama.

Arab Saudi telah melarang jamaah umrah dari negara lain mengunjungi tempat-tempat suci umat Islam. Ini dilakukan karena Saudi sedang fokus membersihkan berbagai tempat suci seperti Masjidil Haram dan Masjid Nabawi agar tak terkena serangan COVID-19.

 Muslim di Amerika

Kebijakan Arab Saudi ini membuat ratusan jamaah umrah asal Texas Utara, AS kacau rencana perjalanannya. Mereka bingung dan sedih, juga bertanya kapan mereka bisa berkunjung ke Makkah yang sangat dirindukan itu.

Perjalanan keluarga Athar Haq ke Makkah untuk umrah hanya beberapa pekan ke depan. Namun kini Saudi menutup pintu gerbangnya.

Athar jadi bingung. Sebab ia sudah berencana membawa istri dan anak-anaknya untuk umrah.

“Sejatinya ini akan menjadi perjalanan pertama anak-anak saya umrah. Larangan umrah ini membuat kami cemas,” terang Athar.

Seperti dilansir dari NBC, Sabtu (29/2/2020), saat ini yang bisa ia lakukan hanyalah tetap berhubungan dengan agen perjalanannya.

"Mereka baru saja menjelaskan segalanya tampak positif. Sampai sekarang, kami memberi tahu anak-anak bahwa kami berharap untuk tetap bisa umrah. Namun yang bisa kami lakukan hanya berdoa," jelas Athar.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Athar mengaku, ia mengerti jika perjalanan dibatalkan karena masalah COVID-19

“Uang bagi kami memang penting. Namun itu tak sepenting koneksi spiritual dan memberi anak-anak pengalaman umrah,” terang Athar.

Saat ini, lanjutnya, ia hanya berharap anak-anaknya tetap bisa umrah. "Kami terus berdoa agar kami bisa umrah."

Direktur Eksekutif Dewan Hubungan Amerika-Islam setempat, Faizan Syed mengatakan, sebanyak 70 siswa dari sebuah sekolah Islam setempat sedang merencanakan umrah untuk liburan musim semi mereka.

“Sekarang dengan larangan umrah sementara. Maka bisa saja mereka umrah, bisa saja tidak. Ini cukup membuat stres. Tidak ada yang benar-benar tahu apa yang akan terjadi selanjutnya," kata Syed.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini