Share

Mau Puasa Sya'ban, Bacalah Doa Ini

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 26 Maret 2020 12:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 26 618 2189214 mau-puasa-sya-ban-bacalah-doa-ini-5crckKeElG.jpg Puasa Sya'ban (Foto: Pexels)
A A A

Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani), Ustadz Ainul Yaqin mengatakan, Bulan Sya’ban termasuk bulan istimewa dalam Islam. Bulan ini juga merupakan bulan yang selalu dinantikan.

"Salah satunya karena bulan Sya'ban adalah pintu gerbang kedua setelah Rajab dalam memasuki bulan suci Ramadan," katanya saat dihubungi Okezone, Kamis (26/3/2020).

 puasa

Rasulullah SAW bersabda,

ذَلِكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيهِ الْأَعْمَالُ إِلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ

Artinya: "Bulan Sya’ban adalah bulan di mana manusia mulai lalai yaitu di antara bulan Rajab dan Ramadhan. Bulan tersebut adalah bulan dinaikkannya berbagai amalan kepada Allah, Rabb semesta alam. Oleh karena itu, aku amatlah suka untuk berpuasa ketika amalanku dinaikkan."(HR. An- Nasa’i).

Ia melanjutkan, pada bulan Sya'ban sebaiknya umat Islam melatih diri, mempersiapkan puasa dengan rajin berpuasa sunah, sekaligus memperdalam ilmu puasa dan hikmah didalamnya.

Berikut ini adalah doa niat puasa Sya'ban yaitu:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ شَعْبَانَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i sunnati Sya‘bana lillahi ta‘ala

Artinya: "Saya berniat puasa sunah Sya‘ban esok hari karena Allah Ta’ala".

"Puasa di bulan Sya’ban adalah sebagai latihan atau pemanasan sebelum memasuki bulan Ramadan. Jika seseorang sudah terbiasa berpuasa sebelum puasa Ramadan, tentu dia akan lebih kuat dan lebih bersemangat untuk melakukan puasa wajib di bulan Ramadan. (Lihat Lathoif Al Ma’arif, hal. 234-243)," tuturnya.

Diriwayatkam dalam hadist Rasulullah SAW bersabda,

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

عَنْ أَبِي سَلَمَةَأَنَّ عَائِشَةَ -رضي الله عنها- حَدَّثَتْهُ قَالَتْ: "لَمْ يَكُنِ النَّبِيُّ -صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- يَصُومُ شَهْرًا أَكْثَرَ مِنْ شَعْبَانَ، فَإِنَّهُ كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ كُلَّهُ...

Artinya: “Diriwayatkan dari Abu Salamah, bahwa Aisyah berkata: Nabi tidak berpuasa pada satu bulan lebih banyak selain di bulan Sya’ban. Sesungguhnya Nabi berpuasa pada bulan Sya’ban (seolah-olah) pada seluruh bulan.” (HR. Bukhari)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini