Share

Ini Doa Bangun Tidur yang Biasa Dibaca Rasulullah

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 03 April 2020 04:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 02 618 2193218 ini-doa-bangun-tidur-yang-biasa-dibaca-rasulullah-QCLgf9qt3L.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock
A A A

Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin menuturkan, Rasulullah selalu membaca doa setiap bangun tidur. Biasanya Rasul bangun sebelum azan Subuh.

"Rasulullah SAW juga melakukan itu (red. membaca doa bangun tidur). Malah Rasulullah selalu bangun lebih awal, sebelum azan Subuh berkumandang," katanya menjawab pertanyaan Okezone tentang doa bangun subuh.

Doa yang biasa dibaca Rasulullah saat bangun tidur yaitu:

اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

Allāhumma bika ashbahnā, wa bika amsainā, wa bika nahyā, wa bika namūtu, wa ilaikan nusyūru.

Artinya: "Ya Allah, dengan-Mu aku berpagi hari, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali,"(HR Abu Dawud, At-Turmudzi, Ibnu Majah).

Lebih lanjut, kata Ainul Yaqin, selain doa di atas tadi juga bisa membaca doa bangun tidur yang umum dibaca oleh umat Muslim:

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ

Alhamdullillahilladzi ahyaanaa bada maa amaatanaa wa ilaihin nushur

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah membangunkan kami setelah menidurkan kami dan kepada-Nya lah kami dibangkitkan". (HR. Bukhari no. 6325).

"Ada sunah lainnya, yaitu biasanya Rasulullah ketika bangun tidur langsung bergegas mempersiapkan diri pergi ke masjid untuk melaksanakan sholat Subuh berjamaah," pungkas Ainul.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini