Share

Warga Khawatir Penyebaran Virus Corona, 13 WNI di Nepal Diusir dari Masjid

Rachmat Fahzry , Okezone · Jum'at 03 April 2020 20:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 03 18 2193845 warga-khawatir-penyebaran-virus-corona-13-wni-di-nepal-diusir-dari-masjid-5BzdOQJdkm.jpg Partikel virus korona atau Covid-19. (Foto/WebMD)
A A A

LALITPUR - Tiga belas warga negara Indonesia dievakuasi dari masjid di Nepal karena warga setempat kahwatir akan penyebaran virus corona.

Menyitir Rising Nepal Daily, Jumat (3/1/2020), ke-13 WNI itu datang ke Nepal terkait acara keagaamaan di di distrik Saptari.

Mereka tingal tinggal di Masjid Ajijiya Madrasah, Imadol, Lalitpur sejak 1 April. Namun kedatangan mereka tanpa diketahui pemerintah setempat. Padahal wilayah tersebut dalam masa karantina wilayah alias lockdown.

Para WNI itu dibawa keluar dari masjid pukul 4 sore pada Kamis, 2 Maret, setelah penduduk Kota Mahalaxmi memprotes keberadaan mereka.

Laporan menyebutkan, ke 13 WNI tersebut dibawa oleh polisi ke Resor Desa Godavari di Taukhel.

Namun warga Godavari juga memprotes keras. Akhirnya para WNI itu dibawa ke lokasi yang tidak disebutkan.

Para WNI itu dilaporkan telah tiba di Kathmandu pada 21 Januari dan telah tinggal di Masjid Jame di Kathmandu.

Mereka datang sebagai bagian dari Jamaah Tabaliki. Mereka telah melakukan perjalanan ke Saptari pada 13 Februari dan berpartisipasi dalam acara ijtima di Rupani Bazar, Saptari selama tiga hari.

Mereka kemudian kembali ke Kathmandu dari Saptari pada tanggal 31 Maret dan pergi ke sebuah masjid di Machhapokhari di Balaju pada hari berikutnya. Di sana, para WNI juga mendapat protes dari penduduk setempat, dan polisi membawa mereka ke Masjid di Imadol.

Walikota Mahalaxmi, Rameshwor Shrestha menyerukan penyelidikan terhadap individu atau lembaga yang membawa warga negara Indonesia dari Saptari ke Mahalaxmi, saat negara tersebut dikurung di tengah kekhawatiran COVID-19.

Di Nepal, virus corona telah menjangkiti 6 orang, dan belum ada laporang kematina. Namun pemerintah Nepal telah melakukan pembatasan demi menekan penyebaran virus corona yan menyebabkan penyakit COVID-19.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini