Share
Advertisement

YouTube Ambil Keuntungan dari Iklan Obat Virus Corona?

Pernita Hestin Untari , Jurnalis-Jum'at 03 April 2020 18:10 WIB
Ilustrasi (Foto: Ist)
Ilustrasi (Foto: Ist)
A
A
A

JAKARTA- Laporan dari Tech Transparency Project mengungkap bahwa YouTube mendapatkan keuntungan dari iklan yang mempromosikan perawatan COVID-19, namun belum terbukti. Padahal Google saat ini tengah memerangi hoaks tentang virus corona diseluruh paltformnya termasuk YouTube.

Perusahaan teknologi milik Google ini menjalankan iklan dengan video yang mendorong perawatan herbal, musik meditatif, dan suplemen tanpa resep yang berpotensi tidak aman sebagai obat untuk COVID-19.

Dilansir dari laman The Guardian, Jumat (3/4/2020) YouTube pun akhirnya menghapus empat video yang dipermasalahkan karena melanggar kebijakannya terhadap informasi salah terkait COVID-19. Tiga video tetap ada karena mereka tidak mempromosikan informasi yang salah secara langsung tetapi menawarkan tips kesehatan, menurut juru bicara. Ada tujuh video yang dilaporkan merupakan hoaks terkait virus corona.

"Kami berkomitmen untuk memberikan informasi yang tepat waktu dan bermanfaat pada saat kritis ini, termasuk meningkatkan konten yang berwenang, mengurangi penyebaran informasi yang berbahaya dan menunjukkan panel informasi, menggunakan data WHO, untuk membantu memerangi kesalahan informasi," kata pihak YouTube.

Dia mengatakan YouTube telah menghapus ribuan video terkait konten virus korona yang menyesatkan dan berbahaya dalam beberapa pekan terakhir.

(amr)

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Berita Terkait
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement