Share

Presiden Trump Senang Ada Bantuan Pinjaman untuk UKM

Jum'at 03 April 2020 17:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 03 320 2193723 presiden-trump-senang-ada-bantuan-pinjaman-untuk-ukm-MYZlwkvTMZ.jpg Dolar AS (Foto: Shutterstock)
A A A

JAKARTA - Presiden Donald Trump memuji peluncuran pinjaman untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) yang diumunkan Menteri Keuangan Steven Mnuchin. Program pinjaman UKM masuk dalam paket bantuan.

Program pinjaman “Perlindungan Gaji” tersebut bisa dipergunakan untuk mempertahankan atau merekrut sejumlah pekerja. Badan Pengembangan UKM menjamin USD349 miliar bagi sejumlah pinjaman yang memenuhi persyaratan dapat ditangguhkan sementara atau diputihkan.

Bisnis yang mempekerjakan hingga 500 karyawan, termasuk pemilik yang bekerja sendiri dan karyawan lepas, dapat meminjam hingga USD10 juta yang dapat dibayar kembali selama dua tahun dengan bunga tahunan sebesar 0,5%. 

Baca Juga: Selain China, Pengusaha Makanan Juga Khawatirkan Impor dari Korsel dan Italia

Dana yang digunakan untuk membayar gaji karyawan dapat ditangguhkan atau diputihkan, dan sebagian biaya sewa, bunga hipotek, dan/atau utilitas sebagiannya dapat dihapuskan. Pembayaran dapat ditangguhkan selama enam bulan.

Secara teknis pelaku UKM bisa mendapatkan seluruh pinjaman yang dimaafkan.

Namun, jika terjadi pengurangan pekerjaan, misalnya usaha yang memiliki 10 karyawan, merumahkan pegawainya dan mempekerjakan kembali hanya lima orang, jumlah pinjaman yang diampuni akan berkurang, dan pebisnis harus membayar sebagian.

Namun pemerintah memperingatkan dengan begitu banyak pemilik usaha berharap untuk mengambil keuntungan dari pinjaman itu, diperkirakan tidak lebih dari 25% dari jumlah yang ditangguhkan untuk pengeluaran selain pembayaran gaji, sewa, bunga hipotek, dan biaya listrik, air dan gas, demikian dilansir dari VOA, Jumat (3/4/2020).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini