Share

Tak Juga Sepakat , Pertamina Bakal Depak Saudi Aramco dari Kilang Cilacap?

Giri Hartomo , Okezone · Jum'at 03 April 2020 17:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 03 320 2193738 tak-juga-sepakat-pertamina-bakal-depak-saudi-aramco-dari-kilang-cilacap-iQY7vlAGSN.jpg Kilang (Foto: Reuters)
A A A

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) buka-bukaan tentang kelanjutan pengembangan kilang Cilacap dengan Saudi Aramco. Perseroan menyebut hingga saat ini belum ada kesepakatan antara Pertamina dan Saudi Aramco.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, pihaknya masih akan menunggu hingga akhir bulan ini. Jika tak juga ada kesepakatan terjadi maka pihaknya akan mencari partner lain. Pembahasan mengenai proyek kilang Cilacap ini tak juga rampung sejak tahun lalu. Padahal semula pembahasan mengenai proyek kilang Cilacap ini ditargetkan bisa rampung pada September 2019.

Baca juga: Pangkas Anak Usaha, Bos Pertamina Pastikan Tidak Ada PHK

Kemudian mundur lagi targetnya menjadi akhir tahun karena Pertamina dan Saudi Aramco masih melakukan penghitungan valuasi dari kilang Cilacap. Sementara pada tahun ini seharusnya sudah didapat skema valuasi sehingga kedua perusahaan tinggal membahas desain dari pengembangannya.

"Cilacap sampai hari ini kami belum ada kesepakatan dengan Aramco dan kami akan lihat sampai akhir April jika kemudian tidak tercapai kesepakatan tidak menutup kemungkinan kami akan cari partner lain," ujarnya dalam telekonferensi, Jumat (3/4/2020).

Sementara untuk proyek-proyek strategis nasional (PSN) lainya akan tetap dijalankan sesuai jadwal. Misalnya proyek kilang Balikpapan, PT Trans Pacifi Petrochemical Indotama (TPPI), dan kilang Grass Root Refinery (GRR) Tuban yang sudah jalan.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Tapi yang pasti kami hari ini fokus pada proyek yang sudah jalan dan kami akan terus lanjutkan yaitu di Balikpapan, Tuban dan TPPI jadi ini 3 yang sudah jalan," kata Nicke.

Selain itu lanjut Nicke, Persero juga tengah fokus untuk merampungkan proyek kilang Balongan. Selain keempat proyek tersebut, perseroan masih menunggu respons dari partner.

Asal tahu saja, sejauh ini Pertamina sedang mengembangkan enam proyek kilang. Keenam proyek tersebut terdiri dari 4 proyek RDMP (Refinery development master plan) dan 2 merupakan proyek kilang Gross Root Refinery (GRR).

"Demikian juga di Balongan jadi ada 4 proyek kilang yang sudah jalan kami akan fokus ke sana dan dua lainya kami akan melihat respons dari partner," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini