Share

Ridwan Kamil Usul Penanganan Covid-19 di Jabodetabek Dipimpin Menteri

Puteranegara Batubara , Okezone · Jum'at 03 April 2020 16:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 03 525 2193683 ridwan-kamil-usul-penanganan-covid-19-di-jabodetabek-dipimpin-menteri-NySXHP4R2t.jpg Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (Foto : Youtube/Setwapres)
A A A

JAKARTA – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengusulkan agar pemerintah pusat menugaskan seorang menteri untuk menangani virus corona (Covid-19) di wilayah Jabodetabek.

Ia mengakui selama in belum dapat komunikasi secara intens dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan maupun Gubernur Banten Wahidin Halim lantaran sibuk menangani virus corona. Ia menilai, jika wilayah Jabodetabek bisa kompak, maka penyebaran Covid-19 bisa dikendalikan dalam satu frekuensi.

"Memang belum banyak ada komunikasi. Secara teknis perlu fasilitasi. Karena, kalau Jabodetabek ini kompak serempak, baik kebijakan distribusi alat dan sebagainya, sehingga minimal 70 persen persebaran COVID-19 ini bisa terkendalikan dalam satu frekuensi,” katanya saat rapat teleconference dengan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin dalam akun Youtube Setwapres, Jumat (3/4/2020).

“Saya mohon izin kita belum punya kesempatan melakukan itu, Pak. Saya tidak bisa inisiatif terlalu jauh, karena saya paham Pak Anies dan Pak Wahidin juga sibuk dengan apa yang kami lakukan juga,” ucapnya.

Ilustrasi (Shutterstock)

Karena itu, menurut Ridwan Kamil, penanganan Covid-19 di wilayah Jabodetabek sebaiknya dipimpin oleh menteri.

“Jadi Bapak (Wapres Ma’ruf-red) mungkin bisa tugaskan level menteri untuk melakukan hal ini skala rutin. Itu skalanya," ujar dia.

Sementara itu, pria yang akrab disapa Emil itu mengatakan, hingga saat ini terdapat 223 warga Jabar positif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan swab. Ia menjelaskan, hasil itu diketahui berdasarkan pemeriksaan sampel yang dilakukan di labkes di Jabar.

Baca Juga : Ridwan Kamil: Jabar Provinsi Pertama yang Punya Alat Tes Covid-19 Sendiri

"Definisi positif ini mereka yang sudah diswab. Sementara kemarin antrean di Litbangkes itu luar biasa panjang dan Pak Menkes sampaikan ke Presiden, jika Litbankes sanggup 200 sampel per hari," kata Emil.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini