Share

Pemudik Tiba di Jabar, Ridwan Kamil: Kami Mendapati 70 Ribu ODP Baru

Puteranegara Batubara , Okezone · Jum'at 03 April 2020 18:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 03 525 2193755 pemudik-tiba-di-jabar-ridwan-kamil-kami-mendapati-70-ribu-odp-baru-0TeIy4vAnl.jpg Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (Foto : Youtube/Setwapres)
A A A

JAKARTA – Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, menyebut 70 ribu warganya sudah mudik ke kampung halaman. Dengan kedatangan pemudik itu, pihaknya mendapati 70 ribu orang dalam pemantauan (ODP) virus corona (Covid-19) baru.

“Sekarang sudah ada 70 ribu yang mudik duluan ke Jabar. Ini artinya kami tiba-tiba mendapati ODP baru,” kata Ridwan Kamil saat teleconference dengan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, dalam akun Youtube Setwapres RI, Jumat (3/4/2020).

Ia melanjutkan, padahal saat ini Pemprov Jabar tengah menjalankan rapid test terhadap seluruh ODP. Dengan kedatangan ODP baru itu, Ridwan Kamil khawatir pihaknya akan kehabisan alat rapid test.

“Kalau kedatangan lagi puluh-pulu ribu pemudik kami akan kehabisan alat buat mengetes untuk meyakinkan mereka orang-orang mudik yang sehat,” ucap pria yang akrab disapa Emil tersebut.

Rapid test (DCNdiagnostics)

Ia mencontohkan, adanya lansia di Ciamis yang positif Covid-19 setelah disambangi anaknya yang datang dari Jakarta.

“Saya laporkan kemarin di Ciamis ada lansia sekarang positif Covid-19 sedang kritis di Ciamis gara-gara didatangi anaknya dari Jakarta. Sebelum anaknya datang dia sakit, tapi masih bisa di-manage tanpa ke rumah sakit,” ucapnya.

Baca Juga : Hasil Rapid Test, 226 Jemaat Gereja Bethel Bandung Positif Covid-19

Selain itu, ada pula seorang suami di Bandung yang istrinya positif corona. Itu lantaran istrinya yang bekerja di Jakarta diliburkan kemudian pulang kampung.

“Kemarin karena diliburkan dia pulang. Dia bergejala, pas dites positif,” katanya.

Baca Juga : Ridwan Kamil Usul Penanganan Covid-19 di Jabodetabek Dipimpin Menteri

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini