Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penyemprotan Disinfektan, Jangan Sampai Kepedulian Jadi Malapetaka

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Jum'at 03 April 2020 13:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 03 620 2193548 penyemprotan-disinfektan-jangan-sampai-kepedulian-jadi-malapetaka-sr1qtRZHGL.jpg
A A A

Penyemprotan disinfektan dinilai menjadi salah satu langkah pencegahan virus corona (COVID-19). Namun tahukah Anda, ternyata menyemprotkan disinfektan tidak bisa sembarangan.

Hal ini penting, karena semakin banyak kepedulian masyarakat dengan melakukan penyemprotan disinfektan. Misalnya, pembuatan bilik disinfektan di ruang publik. Namun, jangan sampai kepedulian menjadi malapetaka bagi kesehatan manusia itu sendiri.

Karena, kesalahan dalam penyemprotan disinfektan justru bisa membuat seseorang mengalami luka pada organ paru-paru. Hal tersebut disampaikan Spesialis Mikrobiologi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, dr. Rebriarina Hapsari, MSc SpMK dalam channel Youtube resmi Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Disinfektan bunuh corona

(Baca Juga : Benda-Benda di Rumah yang Perlu Disemprot Disinfektan)

“Seseorang akan menghirup bahan aktif tersebut. Itu akan beda apabila bahan aktif tersebut terkena kulit. Kulit diciptakan lebih tahan terhadap bahan-bahan iritan. Kalau sampai itu terhirup oleh paru-paru maka selnya tidak sehebat kulit. Itu akan menyebabkan luka pada paru-paru yang berujung pada keganasan,” jelas dr Rebriarina.

Karenanya, muncul larangan dari WHO untuk melakukan penyemprotan disinfektan ke tubuh manusia. Hal tersebut disampaikan WHO melalui akun Twitter resmi mereka.

Penyemprotan disinfektan massal

(Baca Juga : Semprot Disinfektan Efektif Bunuh Virus Corona atau Justru Berbahaya?)

"#Indonesia, jangan menyemprot disinfektan langsung ke badan seseorang, karena hal ini bisa membahayakan. Gunakan disinfektan hanya pada permukaan benda-benda. Ayo #LawanCOVID19 dengan tepat!," tulis WHO Indonesia.

Follow Berita Okezone di Google News

Lebih lanjut, WHO menjelaskan bila menyemprot disinfektan, alkohol atau klorin ke badan seseorang tidak akan membunuh virus yang sudah masuk ke dalam tubuh. Justru, penyemprotan disinfektan ini akan membahayakan mata dan mulut, sehingga disarankan hanya ke permukaan padat atau benda-benda.

Selain itu, yang perlu diketahui adalah cairan disinfektan mengandung senyawa kimia yang bisa menyebabkan efek samping terhadap kesehatan. Bahaya paparan zat kimia dalam disinfektan juga bergantung pada beberapa faktor, seperti:

(Baca Juga : Awas, Ternyata Menyemprotkan Disinfektan ke Seluruh Tubuh Bahayakan Kesehatan)

1. Produk termasuk aerosol, yaitu semprotan halus yang bisa terhirup ke paru-paru

2. Menguap dengan mudah dalam sirkulasi udara yang Anda hirup

3. Ketersediaan ventilasi dalam ruangan yang disemprot disinfektan

Oleh karenanya, penyemprotan disinfektan tidak disarankan ke tubuh manusia secara langsung. Jika terhirup atau terpapar kulit dan mata bisa membahayakan kesehatan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini