Share

Deretan Wisata Religi di Solo yang Mempesona, Nomor 3 Pernah Ditempati Ibu Tien

Jum'at 01 Mei 2020 14:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 01 615 2207777 deretan-wisata-religi-di-solo-yang-mempesona-nomor-3-pernah-ditempati-ibu-tien-YBE5p7C7Nn.jpg Masjid Agung Surakarta (foto:baltyra)
A A A

SELAIN dikenal sebagai salah satu pusat kuliner Nusantara dan produsen batik terbesar di Indonesia, Solo juga memiliki beragam destinasi wisata religi mempesona yang sayang untuk Anda lewatkan. Hal ini terbukti dengan membanjirnya para wisatawan ke lokasi wisata religi tersebut.

Berikut ini 3 destinasi wisata religi yang patut Anda kunjungi saat ke kota ini, seperti dikutip dari solopos, Jumat (1/5/2020)

1. Masjid Agung Surakarta

Masjid Agung Surakarta banyak didatangi para wisatawan saat bulan Ramadhan. Masjid yang dikenal dengan nama Masjid Ageng Keraton Hadiningrat ini terletak di kawasan Keraton Surakarta dan dibangun pada 1749 oleh Pakubuwono III.

Saat mengunjungi Masjid Agung Surakarta, Anda akan disuguhkan dengan keunikan dari arsitekturnya. Serta melihat langsung berbagai benda bersejarah Keraton Surakarta.

2. Masjid Laweyan

Masjid Laweyan dikenal sebagai masjid tertua yang ada di Solo. Masjid ini telah ada sejak tahun 1546 dan dibangun pada masa Kerajaan Pajang, jauh sebelum berdirinya Surakarta.Masjid sederhana ini berada di kawasan Kampung Batik Laweyan. Sampai saat ini masjid itu masih berdiri kokoh dengan beberapa ornamen yang terjaga keasliannya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Masjid Dalem Kalitan

Masjid Dalem Kalitan adalah masjid yang berada di kompleks Dalem Kalitan miliki Ibu Tien Soeharto. Awalnya, masjid ini dibangun Pakubuwono X dari Keraton Kasunanan sekitar 1786.

Kompleks masjid dibangun lengkap dengan rumah joglo dan pendapa. Kompleks ini kemudian dihibahkan pada Kanjeng Gusti Ratu Alit pada 1965.

Sejak saat itu bangunan tersebut dikenal dengan nama Dalem Kalitan. Kemudian bangunan ini oleh Ibu Tien yang masih memiliki garis keturuan dengan kerabat Keraton Mangkunegaran beberapa tahun kemudian.

Masjid Dalem Kalitan sekarang menjadi salah satu destinasi wisata religi di Solo. Di sana kamu bisa melihat berbagai peninggalan bersejarah keluarga kerajaan. Termasuk memasuki rumah yang dulu pernah ditinggali oleh Ibu Tien, istri presiden RI kedua Soeharto.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini