Share

Situasi Covid-19 Membaik, Thailand Izinkan Sholat Idul Fitri di Masjid

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 18 Mei 2020 14:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 18 614 2215891 situasi-covid-19-membaik-thailand-izinkan-sholat-idul-fitri-di-masjid-6MmFzGwpE6.jpg Ilustrasi Sholat Idul Fitri. (Foto: Bernama)
A A A

PEMERINTAH Thailand akan mengizinkan Sholat Idul Fitri 1441 Hijriah dilakukan di sejumlah masjid di Negara Gajah Putih tersebut. Meski demikian, masjid-masjid tersebut harus tetap menjalankan pedoman kesehatan yang ketat untuk mengatasi wabah covid-19.

Sheikul Islam dari Thailand, Aziz Phithakkhumphon, mengatakan karena situasi covid-19 di kerajaan telah membaik, maka Sholat Idul Fitri akan diizinkan di masjid-masjid yang terletak di daerah tanpa kasus yang terinfeksi (zona hijau).

Baca juga: Tahapan Sidang Isbat Idul Fitri 1441H di Tengah Pandemi Corona 

Meski demikian, Aziz mengatakan komite masjid harus tetap menyiapkan area terbuka (tanpa AC). Tempat tersebut bisa berupa halaman masjid, bangunan, atau sekolah di kompleks masjid, atau stadion desa untuk Sholat Idul Fitri.

Ilustrasi sholat. (Foto: Okezone)

Aziz mengatakan jamaah harus mengenakan masker dan melakukan wudu dari rumah serta membawa sajadah sendiri sebagai syaratnya.

Baca juga: 7 Tempat Suci yang Bisa Disambangi Umat Islam secara Virtual 

"Sholat Idul Fitri harus dipersingkat menjadi 20 menit," kata Aziz, seperti dilansir dari Bernama, Senin (18/5/2020).

Ia menambahkan, jamaah yang hadir dalam Sholat Idul Fitri harus berlatih menjaga jarak sosial (social distancing) dan memerhatikan kebersihan dengan baik.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Jika masjid tidak siap menggelar Sholat Idul Fitri, Aziz menyarankan umat Islam untuk tidak memaksakan diri dan beribadah dari rumah bersama anggota keluarga.

Baca juga: Ini Ancaman bagi Orang yang Enggan Membayar Zakat 

Ilustrasi sholat. (Foto: Freepik)

"Namun, kegiatan lain termasuk pesta Idul Fitri di masjid serta kegiatan yang melibatkan pertemuan tidak boleh diadakan. Orang-orang harus menghindari pertemuan keluarga serta mengunjungi makam anggota keluarga," jelasnya.

Hingga saat ini Thailand telah melaporkan kasus virus corona sebanyak 3.028 yang menyebabkab 56 kematian.

Baca juga: Kisah Mualaf: Raih Hidayah karena Tersentuh Akhlak Muslim yang Mulia 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini