Share

Ini Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri yang Sahih

Hantoro, Jurnalis · Selasa 19 Mei 2020 08:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 19 614 2216274 ini-ucapan-selamat-hari-raya-idul-fitri-yang-sahih-1j4lILLhkU.jpg Ilustrasi Idul Fitri. (Foto: Dok Okezone)
A A A

BULAN suci Ramadan 1441 Hijriah tinggal menghitung hari. Kementerian Agama Republik Indonesia pun akan menggelar sidang isbat penentuan hari raya Idul Fitri pada Jumat 22 Mei. Di waktu tersebutlah ditentukan "Hari Kemenangan" umat Islam.

Masyarakat Indonesia dan seluruh dunia pun dipastikan menyambut hari Lebaran ini dengan sukacita. Namun, disarankan tetap mengikuti protokol kesehatan di tengah mewabahnya virus corona (covid-19).

Baca juga: 10 Inspirasi Nama Bayi Perempuan Islami Bermakna Kebaikan 

Kemudian dalam merayakan Idul Fitri terdapat sejumlah tuntunan dan sunah yang diajarkan. Salah satunya perihal pengucapan selamat Idul Fitri.

Ilustrasi Idul Fitri. (Foto: Istimewa)

Mengutip dari sejumlah sumber, Selasa (19/5/2020), dalam berbagai riwayat disebutkan para sahabat Nabi biasa mengucapkan selamat hari raya kepada sesama dengan ucapan “Taqobbalallahu minna wa minkum” yang artinya 'Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian'.

Baca juga: Alquran Mencatat Zakat Ada Sejak Zaman Nabi Ibrahim, Luth, Ismail dan Isa 

Al Hafiz Ibnu Hajar mengatakan, “Dari Jubair bin Nufair; beliau mengatakan, ‘Dahulu apabila para sahabat Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam saling bertemu pada hari raya, mereka saling mengucapkan, ‘Taqabbalallahu minna wa minkum'.” (Sanadnya hasan; Kitab Fathul Bari, 2:446).

Imam Ahmad rahimahullah berkata, "Tidak mengapa (artinya: boleh-boleh saja) satu sama lain di hari raya Ied mengucapkan: Taqobbalallahu minna wa minka."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah menjelaskan, "Adapun tentang ucapan selamat ketika hari Ied seperti sebagian orang mengatakan pada yang lainnya ketika berjumpa setelah Sholat Id, "Taqobbalallahu minna wa minkum wa ahaalallahu ‘alaika” dan semacamnya, maka seperti ini telah diriwayatkan oleh beberapa sahabat Nabi.

Mereka biasa mengucapkan semacam itu dan para imam juga memberikan keringanan dalam melakukan hal ini sebagaimana Imam Ahmad dan lainnya. Akan tetapi, Imam Ahmad mengatakan, "Aku tidak mau mendahului mengucapkan selamat hari raya pada seorang pun. Namun kalau ada yang mengucapkan selamat padaku, aku akan membalasnya."

Baca juga: 10 Amalan Batin di Tengah Pandemi Covid-19 

Ilustrasi Sholat Id. (Foto: Dok Okezone)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini