Share

Cegah Corona, Arab Saudi Sterilisasi Udara di Masjidil Haram

Hantoro, Jurnalis · Rabu 20 Mei 2020 08:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 20 614 2216825 cegah-corona-arab-saudi-sterilisasi-udara-di-masjidil-haram-GCnLryVG4G.jpg Masjidil Haram. (Foto: Istimewa/AP)
A A A

KERAJAAN Arab Saudi telah menerapkan beberapa langkah pencegahan terjadinya penularan corona virus disease (covid-19) di Masjidil Haram, Makkah. Di antaranya dengan meniadakan sementara sholat berjamaah dan umrah di dalam masjid sampai pemberitahuan lebih lanjut. Langkah ini untuk memastikan keamanan jamaah.

Baca juga: 3 Cara Meraih Kemuliaan di 10 Hari Terakhir Ramadhan Menurut UAS 

Masjidil Haram ketika lockdown. (Foto: Istimewa/Saudigazatte)

Mengutip dari Al Riyadh Daily, Rabu (20/5/2020), kali ini mereka melakukan sterilisasi sirkulasi udara di Masjid Al Haram. Perusahaan Al Salem Johnson Controls (YORK) ditunjuk sebagai penyedia sterilisasi udara di sana.

Mereka menutup sementara Masjidil Haram selama 48 jam untuk mendapatkan udara steril di sana. Mereka menggunakan sistem YORK HVAC untuk meningkatkan suhu di dalam masjid menjadi 30–32 derajat Celsius, tingkat yang diperlukan untuk sterilisasi.

Baca juga: 4 Orang yang Wajib Membayar Fidyah, Siapa Saja? 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Setelah sterilisasi selesai, dan karena berkurangnya beban di dalam Masjidil Haram akhir-akhir ini, hanya 10 persen dari total kapasitas pendinginan dihidupkan kembali. Ini cukup untuk mempertahankan udara segar bagi beberapa orang di dalam Masjid.

Baca juga: Tausiyah Ramadhan: Sampai Kapan Kita Harus Beribadah? 

Masjidil Haram. (Foto: Istimewa)

Ini juga membantu mencapai tingkat kelembapan yang tepat dan akan menjaga integritas struktural Masjid.

Sementara 90 persen sisanya dari pendingin dan AHU digunakan untuk pemeliharaan preventif dan prosedur jangka panjang. Hal ini guna memastikan efisiensi operasi setelah pendingin kembali ke kapasitas penuh di saat pandemi mereda.

Baca juga: Membawa Suasana Masjid ke Rumah, Mungkinkah? 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini