Share

Tentukan 1 Syawal 1441H, PBNU Sebar Tim Falakiyah di 40 Titik

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 22 Mei 2020 09:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 22 614 2217804 tentukan-1-syawal-1441h-pbnu-sebar-tim-falakiyah-di-40-titik-Ou3HOANqIL.jpg Ilustrasi pemantauan rukyatul hilal penetapan Idul Fitri. (Foto: Dok Okezone)
A A A

KETUA Pengurus Tanfidziyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Robikin Emhas menyatakan setiap tahun pihaknya mengerahkan Tim Falakiyah untuk menetukan awal bulan, termasuk 1 Syawal atau hari raya Idul Fitri.

"Nahdlatul Ulama (NU) menentukan awal bulan, termasuk 1 Syawal, melalui dua metode sekaligus, yakni hisab dan rukyat," katanya saat dihubungi Okezone, Jumat (22/5/2020).

Baca juga: Ini Pengertian Sidang Isbat dan Tahapan Pelaksanaannya 

Lebih lanjut, kata Kiai Robikin, Lembaga Falakiyah (LF) PBNU akan menurunkan Tim Rukyat di 40 titik atau lokasi yang meliputi wilayah Indonesia Timur, Tengah, dan Barat.

Namun pelaksanaan rukyat tahun ini berbeda dengan sebelumnya, karena masih mengingat situasi pandemi virus corona (covid-19) dan adanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Baca juga: Pengertian Sidang Isbat yang Sebenarnya, Salah Satunya Menengahi Perbedaan 

Jika pada sebelumnya dilakukan di 99 titik lokasi, maka tahun ini dilakukan hanya di 40 lokasi dengan mengedepankan PSBB serta protokol pencegahan covid-19 secara ketat dan akuntabel.

"Insya Allah Lembaga Falakiyah PBNU akan hadir sidang isbat," terangnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sementara Ketua Lembaga Falakiyah PBNU KH Sirril Wafa mengatakan sidang isbat pada tahun ini akan digelar serentak hari ini, Jumat 22 Mei 2020, atau 29 Ramadhan 1441 Hijriah.

Baca juga: Tata Cara dan Bacaan Takbir Idul Fitri, Versi Panjang dan Pendek 

"Rukyatul hilal, seperti Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah guna memberi kepastian kapan jatuhnya awal puasa Ramadhan, dan kapan berhari raya Idul Fitri dan Idul Adha, kepada rakyat khususnya yang beragama Islam," katanya saat dihubungi Okezone, Kamis 21 Mei 2020.

Proses rukyatul hilal dan sidang isbat, PBNU sendiri akan menyiarkan secara langsung melalui channel Youtube dan Instagram resminya.

Baca juga: Arab Saudi Akan Umumkan Idul Fitri 1441H pada Jumat Malam Ini 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini