Share

Doa Rasulullah di Penghujung Ramadhan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 22 Mei 2020 13:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 22 614 2217904 doa-rasulullah-di-penghujung-ramadhan-Nc1h2OyOJo.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone.com)
A A A

RAMADHAN nan suci akan berakhir dalam hitungan hari. Tentu ini menjadi kesedihan bagi setiap muslim, karena mereka akan berpisah dengan bulan sangat mulia. Ramadhan adalah bulan pengampunan lagi kaya akan kebaikan.

Setiap muslim berharap agar Allah SWT memberikan kesepatan bagi mereka untuk bisa merasakan Ramadhan tahun depan. Harapan ini yang selalu diutarakan ketika ingin berpisah dengan Ramadhan.

Baca juga: Tentukan 1 Syawal 1441H, PBNU Sebar Tim Falakiyah di 40 Titik

Sementara itu, Rasulullah SAW punya doa khusus saat akan berpisah dengan Ramadhan. Doa ini pun bisa menjadi amalan baik yang akan memberikan kebaikan bagi muslim yang membacanya. Berikut doanya:

للَّهُمَّ لاَ تَجْعَلْهُ آخِرَ الْعَهْدِ مِنْ صِيَامِنَا إِيَّاهُ، فَإِنْ جَعَلْتَهُ فَاجْعَلْنِيْ مَرْحُوْمًا وَ لاَ تَجْعَلْنِيْ مَحْرُوْمًا

Artinya: "Ya Allah, janganlah Kau jadikan bulan Ramadhan ini sebagai bulan Ramadhan terakhir dalam hidupku. Jika Engkau menjadikannya sebagai Ramadhan terakhirku, maka jadikanlah aku sebagai orang yang Engkau sayangi,"

Jabir bin Abdillah ra dari Muhammad al-Musthofa SAW: “Siapa yang membaca doa ini di malam terakhir Ramadhan, ia akan mendapatkan salah satu dari dua kebaikan: menjumpai Ramadhan mendatang atau pengampunan dan rahmat Allah”.

Baca juga: Sidang Isbat Idul Fitri 1441H Digelar Jumat Sore Ini

Inilah doanya:

“Ya Allah, janganlah Engkau jadikan puasa ini sebagai puasa yang terakhir dalam hidupku. Seandainya Engkau berketetapan sebaliknya, maka jadikanlah puasaku ini sebagai puasa yang dirahmati bukan puasa yang sia-sia,".

Ilustrasi

Adapun doa-doa yang lain yang bisa dibaca menjelang akhir bulan Ramadhan yaitu:

“Seandainya masih ada padaku dosa yang belum Engkau ampuni atau dosa yang menyebabkan aku disiksa karenanya, sehingga terbitnya fajar malam ini atau sehingga berlalunya bulan ini, maka ampunilah semuanya wahai Dzat Yang Paling Pengasih dari semua yang mengasihi.”

“Ya Allah, terimalah puasaku dengan sebaik-baiknya penerimaan, perkenan, kemaafan, kemurahan, pengampunan dan keridhaan-Mu. Sehingga Engkau memenangkan aku dengan segala kebaikan, segala anugerah yang Engkau curahkan di bulan ini,”

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

“Selamatkanlah aku dari bencana yang mengancam atau dosa yang berterusan. Demikian juga, dengan rahmat-Mu masukkanlah aku ke dalam golongan orang² yang mendapatkan (keutamaan) di Lailatul Qadar. Malam yang telah Engkau tetapkan lebih baik dari seribu bulan.”

“Semoga perpisahanku dengan bulan Ramadhan ini bukanlah perpisahan untuk selamanya dan bukan juga pertemuan terakhirku. Semoga aku dapat kembali bertemu dengan Ramadhan mendatang dalam keadaan penuh harapan dan kesejahteraan,”

Semoga Allah SWT memberikan umur panjang bagi kita semua agar bisa kembali bertemu dengan Ramadhan di tahun yang akan datang. Amin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini