Share

Mahfud MD: Mari Sholat Idul Fitri di Rumah & Halal Bihalal Secara Virtual

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 22 Mei 2020 12:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 22 614 2217963 mahfud-md-mari-sholat-idul-fitri-di-rumah-halal-bihalal-secara-virtual-S2vDt9XSiQ.JPG Menko Polhukam, Mahfud MD (Foto: Twitter/@mohmahfudmd)
A A A

MENTERI Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengimbau umat Islam di Indonesia untuk melaksanakan sholat Idul Fitri 1441 H di rumah saja.

Pemerintah sebelumnya memang telah mengeluarkan kebijakan khusus terkait tata cara sholat Idul Fitri di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

Pemerintah dengan tegas melarang sholat Idul Fitri berjamaah di masjid dan di lapangan sesuai Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 9 Tahun 2020.

Imbauan tersebut kembali disampaikan Mahfud MD melalui sebuah video berdurasi singkat.

Baca juga: Hukum Sholat Idul Fitri di Rumah

"Kaum muslimin yang berbahagia, sebentar lagi kita akan sampai di hari yang dinantikan oleh kaum muslimin di seluruh dunia yaitu Hari Raya Idul Fitri," ujarnya.

Ilustrasi

Mahfud menambahkan, dalam suasana pandemi Covid-19 ini, alangkah baiknya bila kegiatan sholat Idul Fitri dan halal bihalal dilakukan di rumah saja, dengan jumlah orang terbatas.

Seruan itu, kata Mahfud, sudah dianjurkan secara kuat oleh pemerintah setelah menelisik dan mempelajari seruan-seruan dari sejumlah lembaga Islam seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI), Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, dan lain sebagainya.

Baca juga: Sholat Id Berjamaah atau Sendirian di Rumah, Simak Caranya

"Bukan hanya di Indonesia anjuran sholat di rumah ini dilakukan, bahkan masjid suci di Makkah (Masjidil Haram) dan Madinah (Masjid Nabawai) juga ditutup demi menyelamatkan kaum muslimin dari penularan Covid-19," ungkap mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Oleh sebab itu, dari kediaman saya di Jakarta Selatan, saya mengajak kita semua, mari kita sholat Idul Fitri di rumah secara khusyuk. Setelah itu halal bilal tidak harus berkerumun, juga bisa dengan virtual," timpalnya.

Bila harus dan terpaksa bertemu kata Mahfud, lakukanlah bersama keluarga inti. Kendati demikian, dianjurkan untuk tetap menjaga jarak dan membatasi waktu untuk menghindari potensi penularan virus corona.

"Taqabbalallahu minna wa minkum. Minal aidin wal-faizin," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini