Share

AS Yakin Warga Iran Tolak Provokasi Ali Khamenei terhadap Israel

Agregasi VOA , Jurnalis · Sabtu 23 Mei 2020 19:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 23 18 2218602 as-yakin-warga-iran-tolak-provokasi-ali-khamenei-terhadap-israel-M1pJxQxX3B.jpg Ayatollah Ali Khamenei. (Foto/Wikimedia Commons)
A A A

WASHINGTON - Departemen Luar Negeri Amerika meyakini orang-orang Iran akan menolak penggunaan retorika anti-Israel para penguasa mereka yang dianggap anti-Semit oleh para pejabat Amerika dan PBB karena menggemakan seruan Nazi untuk penghancuran orang Yahudi.

Kantor Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei memprovokasi kemarahan Israel, AS dan PBB karena menerbitkan sebuah ilustrasi di situs webnya yang menggambarkan dugaan pengambilalihan Yerusalem oleh Palestina yang didukung Iran.

Yerusalem diklaim oleh Israel sebagai ibu kotanya dengan dukungan Amerika.

Foto/Haaretz

Palestina mengklaim Yerusalem timur sebagai ibu kota negara Palestina kelak. Israel adalah satu-satunya negara Yahudi di dunia dan sekutu utama Amerika.

Ilustrasi itu diterbitkan hari Selasa dan kemudian dihapus dari situs web Khamenei itu disertai dengan teks bahasa Inggris yang mengatakan, “Palestine Akan Bebas. Solusi akhir: Perlawanan sampai referendum.”

Nazi Jerman menggunakan istilah “solusi akhir” sebagai eufemisme untuk rencananya memusnahkan orang Yahudi dalam Holocaust.

Sehari setelah ilustrasi itu muncul, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memperingatkan Khamenei bahwa bertindak dengan retorika seperti itu akan mengganggu pemerintahan Islam di Iran. 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini