Share

Ketahui, Ini Tata Cara Ziarah Kubur saat Pandemi Corona

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 25 Mei 2020 13:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 25 614 2219148 ketahui-ini-tata-cara-ziarah-kubur-saat-pandemi-corona-xl8CXuHACt.jpg Dua orang pria sedang melakukan ziarah kubur yang menjadi tradisi umat muslim jelang Ramadhan dan usai Sholat Idul Fitri (Foto: Okezone.com/Arif Julianto)
A A A

SELAIN menjelang bulan suci Ramadhan, tradisi ziarah kubur juga dilakukan masyarakat Indonesia saat lebaran. Ada sebagian masyarakat yang melakukannya setelah sholat Idul Fitri, adapula yang berziarah di hari kedua lebaran.

Namun, di tengah pandemi virus corona atau Covid-19 saat ini, masyarakat yang tetap ingin melakukan tradisi ziarah kubur diimbau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Seperti manjaga jarak lebih kurang satu meter, mengenakan masker dan sarung tangan, dan selalu membawa hand sanitizer kemanapun pergi. Mereka yang diperbolehkan berziarah sebaiknya anggota keluarga yang sehat secara fisik.

"Tentunya harus sesuai protokol kesehatan karena di tengah pandemi saat ini. Kita tidak tahu di luar sana orang-orang berkerumun. Tetap harus jaga jarak jika memang tetap ingin pergi berziarah," ucap dai muda Nahdlatul Ulama (NU), Ustadz Muhammad Najmi Fathoni kepada Okezone, belum lama ini.

Sementara itu, Ketua Ketua Ikatan Sarjana Quran Hadist Indonesia, Ustadz Fauzan Amin, menjelaskan bahwa hukum ziarah kubur adalah sunah dan bukan sekadar tradisi, melainkan dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Tujuannya yaitu untuk mengingatkan umat Islam, bahwa kematian akan datang kepada setiap orang kapan saja dan di mana saja.

Ilustrasi

Baca juga: Tanda-Tanda Orang Diterima Puasanya oleh Allah SWT

"Ziarah bertujuan untuk mengingat akan kematian agar kita semangat mencari bekal pahala dan menghindari dosa," ujar Fauzan terpisah.

Sebagaimana dijelaskan oleh Imam Al-Ghazali dalam Kitab ihya' Ulumuddin:

زيارة القبور مستحبة على الجملة للتذكر والاعتبار وزيارة قبور الصالحين مستحبة لأجل التبرك مع الاعتبار

Artinya: "Ziarah kubur disunnahkan secara umum dengan tujuan untuk mengingat (kematian) dan mengambil pelajaran, dan menziarahi kuburan orang-orang shalih disunnahkan dengan tujuan untuk tabarruk (mendapatkan barakah) serta pelajaran," (Al-Ghazali, Ihya’ Ulum ad-Dien, juz 4, hal. 521).

Mulanya, ziarah kubur merupakan salah satu praktik yang mengalami perubahan (nasikh-mansukh). Pada zaman awal Islam berdiri, Rasulullah SAW melarang umat melakukannya. Kemudian larangan tersebut mansukh (diubah) menjadi suatu perbuatan yang diperbolehkan untuk dilakukan.

Ilustrasi

Rasulullah SAW bersabda:

كُنْتُ نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُورِ فَزُورُوهَا

Artinya: "Dahulu saya melarang kalian berziarah kubur, tapi (sekarang) berziarahlah kalian," (HR. Muslim).

Baca juga: Allah Senang pada Hamba yang Gemar Bersyukur

Dalam riwayat yang lainnya, Rasulullah tidak hanya menganjurkan untuk ziarah kubur, namun juga menjelaskan beberapa keutamaan jika melakukan praktik tersebut.

Nabi Muhammad SAW bersabda:

كُنْتُ نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُورِ أَلَا فَزُورُوهَا، فَإِنَّهُ يُرِقُّ الْقَلْبَ، وَتُدْمِعُ الْعَيْنَ، وَتُذَكِّرُ الْآخِرَةَ، وَلَا تَقُولُوا هُجْرً

Artinya: "Dahulu saya melarang kalian berziarah kubur, tapi (sekarang) berziarahlah kalian, sesungguhnya ziarah kubur dapat melunakkan hati, menitikkan (air) mata, mengingatkan pada akhirat, dan janganlah kalian berkata buruk (pada saat ziarah)," (HR. Hakim).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kemudian sebelum memasuki area pemakaman, Rasulullah SAW mengucapkan salam terlebih dahulu kepada para ahli kubur karena ia akan memasuki wilayahnya, yaitu:

السَّلامُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنينَ وَأتاكُمْ ما تُوعَدُونَ غَداً مُؤَجَّلُونَ وَإنَّا إنْ شاءَ اللَّهُ بِكُمْ لاحقُونَ

Assalâmu‘alaikum dâra qaumin mu’minîn wa atâkum mâ tû‘adûn ghadan mu’ajjalûn, wa innâ insyâ-Allâhu bikum lâhiqûn

Artinya: "Semoga keselamatan terlimpah atas kalian, hai tempat bersemayam kaum mukmin. Telah datang kepada kalian janji Tuhan yang sempat ditangguhkan besok, dan kami Insya Allah akan menyusul kalian,".

Mengucapkan salam sebelum memasuki area pemakaman untuk melakukan ziarah, yakni sebagai bentuk penghormatan Rasulullah kepada para ahli kubur. Terlebih yang dituju adalah tempat peristirahatan terakhir ulama-ulama atau orang-orang shalih dan shalihah.

Ilustrasi

"Setelah mengucapkan salam, ziarah ke kuburan saat itu Nabi juga mengakhirinya dengan berdoa," katanya.

Doa yang dimaksud adalah:

السَّلامُ على أهْلِ الدّيارِ مِنَ المُؤْمنينَ وَالمُسْلمينَ وَيَرْحَمُ اللَّهُ المُسْتَقْدِمِينَ مِنْكُمْ وَمِنَّا وَالمُسْتأخِرِين وَإنَّا إنْ شاءَ اللَّه بِكُمْ لاحِقُونَ

Assalâmu‘alaikum dâra qaumin mu’minîn wa atâkum mâ tû‘adûn ghadan mu’ajjalûn, wa innâ insyâ-Allâhu bikum lâhiqûn

Artinya:"Assalamu’alaikum, hai para mukmin dan muslim yang bersemayam dalam kubur. Semoga Allah melimpahkan rahmat kepada mereka yang telah mendahului dan yang akan menyusul kalian dan (yang telah mendahului dan akan menyusul kami. Sesungguhnya kami Insya Allah akan menyusul kalian".

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini