Share

Arab Saudi Temukan Cara Beri Hadiah Idul Fitri di Tengah Wabah Corona

Hantoro, Jurnalis · Senin 25 Mei 2020 20:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 25 614 2219426 arab-saudi-temukan-cara-beri-hadiah-idul-fitri-di-tengah-wabah-corona-kfFY7SyDmH.png Ilustrasi hadiah Idul Fitri. (Foto: Shutterstock)
A A A

RIYADH – Semua pihak di Arab Saudi menggunakan cara inovatif untuk memberikan hadiah hari raya Idul Fitri 1441 Hijriah di tengah pandemi corona virus disease (covid-19).

Mengutip dari Arab News, Senin (25/5/2020), sebagian besar dari mereka mengandalkan layanan internet dan aplikasi untuk menyelesaikan masalah ini. mereka mengirim hadiah dan mentransfer uang.

"Saya mendapatkan eidiya tahun ini dari sepupu melalui STC (aplikasi)," kata Waleed Bukhari, "Saya biasanya menerima uang tunai dari para tetua keluarga, tetapi saya senang mendapatkan sesuatu yang berbeda."

"Eidiya" sulit untuk didefinisikan. Terjemahan literalnya adalah "dari Idul Fitri" dan biasanya merupakan hadiah uang untuk anak-anak, kadang-kadang orang dewasa, pada pagi hari pertama Idul Fitri. Nominalnya umumnya tergantung usia masing-masing penerima. 

Ilustrasi Idul Fitri. (Foto: Freepik)

Sejumlah aplikasi pembayaran di Arab Saudi menawarkan cara menyenangkan bagi orang-orang untuk mengirim uang eidiya mereka secara elektronik.

Ada pilihan untuk menyesuaikan amplop dan melampirkan pesan pribadi, dan banyak yang mungkin menemukan ini sebagai alternatif cocok untuk aspek tradisional membagikan hadiah Idul Fitri.

Seorang mahasiswa bernama Dana Al Harbi mengatakan tidak pernah mendapat uang hadiah Idul Fitri, tetapi selalu menerima barang-barang berguna dari mereka yang dicintai.

"Uang memang bermanfaat, tentu saja, tetapi mereka selalu memberi saya barang-barang yang saya hargai lebih," katanya.

"Mereka menaruh banyak cinta dan pemikiran dalam hadiah itu, dan itu lebih penting bagiku daripada uang."

Beberapa toko menawarkan kotak atau amplop khusus untuk menyimpan uang dengan cara yang menarik, atau menjual kartu dengan slot kecil untuk memegang uang kertas yang digulung.

Beberapa menghias karangan bunga dengan uang, meletakkan uang di dalam bungkus coklat, atau bahkan mencari tunawisma untuk diberikan eidiya. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Wafaa Al Mansour, seorang ibu dari lima anak, merekomendasikan untuk membagikan kartu hadiah.

"Ada sesuatu yang saya tidak suka tentang langsung memberikan uang tunai, dan saya selalu berbeda ketika memberikan ke anak-anak sebagai hadiah. Jadi saya memberi mereka pilihan untuk memilih apa yang mereka sukai, tetapi juga pastikan mereka tidak membuang-buang uang untuk sesuatu yang tidak saya setujui," katanya. 

Ilustrasi Idul Fitri. (Foto: Istimewa)

Dia merekomendasikan voucher hadiah yang ditawarkan oleh toko buku yang berbeda sebagai pilihan yang baik.

"Saya suka mendapatkan voucher SR100 (USD26,66), karena jumlahnya sesuai, yang berusia di bawah 12 tahun mendapat tiga dan yang di atas 12 tahun mendapat lima. Mereka dapat memilih untuk membeli buku, mainan, permainan, alat tulis, atau bahkan melakukan apa yang dilakukan putra saya dan menyimpan voucher untuk barang elektronik yang lebih mahal. Mereka mendapatkan PlayStation dengan cara itu," jelasnya.

Sementara Haifa Abduljaleel lebih memilih mengirimi ketiga anaknya uang tunai melalui transfer bank, sebuah proses yang dinilai membuat hidupnya jauh lebih mudah selama bertahun-tahun

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini