Share

Tata Cara Melaksanakan Puasa Syawal

Hantoro, Jurnalis · Senin 25 Mei 2020 21:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 25 616 2219353 tata-cara-melaksanakan-puasa-syawal-5tWUQMminX.jpg Ilustrasi puasa. (Foto: Shutterstock)
A A A

BULAN suci Ramadhan 1441 Hijriah sudah berakhir. Hari raya Idul Fitri pun telah diperingati semua umat Islam di dunia.

Namun jangan berhenti melaksanakan ibadah. Kini saatnya melengkapi amalan dengan menjalankan ibadah puasa sunah bulan Syawal. 

Ilustrasi puasa. (Foto: Istimewa)

Puasa Syawal bersifat menggenapkan pahala selama satu tahun penuh. Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ⁣

"Barang siapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh." (HR Muslim) 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Adapun langkah-langkah melaksanakan puasa Syawal adalah sebagai berikut, seperti dirangkum dari berbagai sumber, Senin (25/5/2020):

1. Puasanya dilakukan selama enam hari. 

Ilustrasi puasa. (Foto: Istimewa)

2. Lebih utama dilaksanakan sehari setelah Idul Fitri, tetapi tidak mengapa jika diakhirkan asalkan masih di bulan Syawal.

3. Lebih utama dilakukan secara berurutan, namun tidak mengapa jika dilakukan tidak berurutan.

4. Usahakan untuk menunaikan qodho' puasa Ramadhan terlebih dahulu agar mendapat ganjaran puasa setahun penuh. Pasalnya, puasa Syawal bersifat sunah, sedangkan qodho' Ramadhan wajib. Sudah semestinya ibadah wajib lebih didahulukan daripada yang sunah

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini