Share

Ini 7 Hal yang Bisa Membuat Manusia Sombong dan Dibenci Allah

Senin 15 Juni 2020 11:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 15 330 2230179 ini-7-hal-yang-bisa-membuat-manusia-sombong-dan-dibenci-allah-Em6JV8Zezi.jpg Ilustrasi (Upswardsleader)
A A A

SOMBONG termasuk sifat tercela yang bisa menjauhkan diri dari rasa bersyukur. Sifat sombonglah yang membuat iblis dilaknat oleh Allah SWT sampai hari kiamat. Iblis merasa dirinya lebih hebat dan meremehkan makhluk lain.

Allah membeci sifat satu ini sebagaimana disebutkan dalam Alquran Surah an-Nahl Ayat 23 yang artinya, “Sesungguhnya Allah tidak suka kepada orang-orang yang sombong.”

Baca juga: Gua Hira, Saksi Bisu Perjuangan Rasulullah Menerima Wahyu

Imam al-Ghazali menjelaskan sifat sombong biasa muncul dari tujuh hal.

Mahasantri Ma’had Aly Hasyim Asy’ari, Minahul Asna menuliskan ketujuh hal disampaikan Imam Ghazali sebagaimana dikutip Okezone dari artikelnya yang dimuat di laman tebuireng.online, sebagai berikut:

Pertama, sombong ilmu, adalah sifat membanggakan terhadap pengetahuan dan sifat sombong ini seringkali dimiliki oleh Ulama. Mereka merasa sudah memiliki ilmu yang sempurna sehingga meremehkan kepada kebanyakan manusia dan menganggap bodoh orang-orang yang bersamanya dan juga mengira bahwa dirinya sudah mulia di hadapan Allah SWT.

Kedua, sombong amal ibadah, adalah sifat membanggakan terhadap amalnya dan sifat ini seringkali dimilik oleh ahli ibadah. Mereka menganggap bahwa amal yang dilakukan setiap hari sudah menjadikannya orang yang terjaga dari perkara haram dan orang yang bertakwa sehingga menganggap orang lain celaka.

Ketiga, sombong keturunan dan nasab, adalah sifat menbanggakan mulianya nasab dan keturunannya. Mereka bangga terhadap kesuksesan atau kesalehan orang tuanya dan anak keturunannya sehingga meremehkan orang selain keluarganya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Keempat, sombong bagusnya rupa, adalah sifat yang membanggakan kecantikan diri sendiri di atas orang lain. Sifat ini sering kali dimiliki oleh perempuan. Padahal kecantikan itu bukan selamanya dan bisa hilang ditelan waktu.

Kelima, sombong harta, adalah sifat membanggakan banyaknya kekayaan yang melimpah ruah. Mereka berlomba-lomba dalam kemewahan pakaian dan kendaraan.

Keenam, sombong kekuatan dan kekuasaan adalah sifat membanggakan diri sendiri di atas orang lemah. Mereka menganggap bahwa kekuatan dan kekuasaan bisa menjadikannya orang yang paling sukses dan menganggap orang lain yang lemah celaka.

Ketujuh, sombong banyaknya pengikut, penolong dan teman, adalah sifat yang menjadikannya merasa aman terhadap segala sesuatu karena memiliki banyak teman atau pengikut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini