Share

Doa Rasulullah Ketika Bangun Tidur dan Hikmah yang Diperoleh

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 15 Juni 2020 20:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 15 618 2230541 doa-rasulullah-ketika-bangun-tidur-dan-hikmah-yang-diperoleh-edTdzBv3mS.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
A A A

BANGUN tidur lebih awal sebelum adzan Subuh berkumandang adalah kebiasaan yang dilakukan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam setiap harinya. Hal ini juga menjadi salah satu amalan yang disunahkan bagi umat Islam, karena memiliki keutamaan.

“Bangun lebih pagi adalah salah satu amaliah yang dicintai Rasulullah, dan bagian kesunahan yang penuh makna, hikmah dan manfaat. Namun tidak hanya manfaat akhirat, sebab ini adalah bagian ibadah dan harapan pahala,” kata Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani), Ustadz Ainul Yaqin saat dihubungi Okezone belum lama ini.

Baca juga: Terlena dengan Pujian Menumbuhkan Sifat Ujub

Rasulullah saat bangun di pagi hari, tepatnya sebelum matahari terbit ia selalu membaca doa, seperti berikut ini:

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ

(Alhamdullillahilladzi ahyaanaa ba'da maa amaatanaa wa ilaihin nusyur).

Artinya: “Segala puji bagi Allah, yang telah membangunkan kami setelah menidurkan kami dan kepada-Nya lah kami dibangkitkan”. (HR. Bukhari no. 6325).

ilustrasi

Selain itu, bisa juga membaca doa ini ketika bangun tidur:

اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

(Allāhumma bika ashbahnā, wa bika amsainā, wa bika nahyā, wa bika namūtu, wa ilaikan nusyūru).

Artinya: "Ya Allah, dengan-Mu aku berpagi hari, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali," (HR. Abu Dawud, At-Turmudzi, Ibnu Majah).

Baca juga: 2 Ayat dalam Alquran Paling Dicintai Nabi Muhammad dari Seisi Bumi

Ustadz Ainul Yaqin melanjutkan, setelah bangun tidur dan berdoa kemudian Rasulullah bersiap-siap pergi ke masjid untuk melaksanakan sholat Subuh berjamaah.

“Jaminan cahaya kemenangan dan keselamatan di hari kiamat atas ganti keistiqamahan gelapnya waktu subuhnya menuju masjid,” terangnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

عن بريدة الأسلمي رضي الله عنه عن النبي – صلى الله عليه وسلم قال :بشِّرِ المشَّائين في الظُّلَم إلى المساجد بالنور التام يوم القيامة

Artinya: “Dari Buraidah al-Aslami radhiyallahu anhu dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang berjalan pada saat gelap menuju masjid, dengan cahaya yang sempurna pada hari kiamat,". (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini