Share

Aa Gym: Manusia Menderita karena Kurang Bersyukur kepada Allah

Pristia Astari, Jurnalis · Jum'at 26 Juni 2020 15:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 26 330 2236864 aa-gym-manusia-menderita-karena-kurang-bersyukur-kepada-allah-9GM4WVGlv0.jpg KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym (Istimewa)
A A A

ISLAM mengajarnya umat agar selalu bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang diberikan. Saat kesusahan juga dianjurkan tetap bersyukur karena tanpa merasakan susah, manusia tak bisa menikmati bagaimana kesenangan.

Saat ditimpa kesusahan, ingatlah bahwa akan datang kesenangan. Allah memberikan ujian untuk menaikkan derajat manusia. Semua nabi, rasul dan orang-orang disayang Allah diberi ujian kemudian diberikan kebahagiaan setelah mampu melewatinya dengan sabar.

Baca juga: Ini Amalan-Amalan Sunah Dikerjakan di Hari Jumat

Setiap muslim harus bersyukur sudah mendapatkan hidayah, mengenal Allah, jalan kebenaran, tidak menjadi orang yang ingkar dan musyrik. Bersyukur diciptakan menjadi manusia, tidak jadi binatang, batu, atau pohon.

Allah SWT Berfirman dalam Alquran, yang artinya:

“Dan (ingatlah juga) tatkala Tuhan kalian memaklumatkan, Sesungguhnya jika kalian bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepada kalian; dan jika kalian mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (SuraH Ibrahim ayat 7).

ilustrasi

Dai kondang KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym mengatakan, jika seseorang bisa mengingat nikmat dari Allah, maka hidup ini akan terasa bahagia.

“Allah menciptakan makanan yang tidak kurang setiap hari, Allah tutup aib-aib kita sehingga orang tidak tahu kebusukan dan kehinaan kita yang sesungguhnya. Maka, nikmat Allah SWT mana lagi yang di dustakan,” kata Aa Gym dalam tausyiah Cahaya Tauhid seperti dikutip dari chanel Youtube MNCTV Official, Jumat (26/6/2020).

Menurutnya andai saja manusia sadar bahwa nikmat Allah begitu melimpah, maka sesungguhnya kita akan sibuk mensyukurinya.

“Niscaya Allah akan memberikan hati yang tenang, nikmat, lapang dalam kesulitan apapun, dalam kepahitan apapun. Karena nikmat yang ada melampaui segala yang terbayang oleh kita. Maka, kita menderita bukan karena kurang karunia melainkan karena kita kurang bersyukur kepada Allah SWT.”

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini