Share

Ini Amalan-Amalan Sunah Dikerjakan di Hari Jumat

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 26 Juni 2020 08:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 26 616 2236634 ini-amalan-amalan-sunah-dikerjakan-di-hari-jumat-u0nU7KbYxQ.jpg Sholat Jumat di Masjid Bimantara Kompleks MNC Center, Kebon Sirih, Jakarta Pusat (Okezone.com/Salman Mardira)
A A A

JUMAT adalah hari yang mulia dalam Islam. Ia juga disebut sebagai sayyidul ayyam atau rajanya hari. Dianjurkan memperbanyak ibadah sejak malam hingga sepanjang hari Jumat. Mulai baca Alquran hingga berselawat kepada Nabi Muhammad SAW.

"Hari Jumat adalah hari terbaik untuk beribadah dan berdoa," kata Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH. Asrorun Ni’am Sholeh.

Baca juga:  Keistimewaan Jumat, Rajanya Segala Hari

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW dalam hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, yang artinya “Hari terbaik di mana matahari terbit di dalamnya adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam AS diciptakan, dimasukkan ke surga, dikeluarkan daripadanya, dan kiamat tidak terjadi kecuali di hari Jumat.”

Berikut enam amalan disunahkan pada hari Jumat:

1. Baca selawat

Hari Jumat sangat dianjurkan memperbanyak baca selawat kepada Nabi Muhammad SAW. Sebagaimana sabda Rasulullah, “Sesungguhnya hari yang paling utama adalah hari Jumat, karena itu perbanyaklah membaca selawat untukku di hari ini. Sesungguhnya selawat kalian ditampakkan kepadaku," (HR Abu Daud dan Ibnu Majah).

2. Mandi

Sebelum Sholat Jumat disunahkan mandi. Sabda Rasulullah "barang siapa mandi Jumat seperti mandi janabah." (HR Bukhari dan Muslim).

3. Pakai Wangi-wangian

Setelah mandi, pakailah wangi-wangian kemudian berangkat Sholat Jumat.

Seperti penjelasan Nabi Muhammad SAW; "Barang siapa mandi pada hari Jumat dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak rambut atau minyak wangi, kemudian berangkat ke masjid dan tidak memisahkan antara dua orang, lalu sholat sesuai yang ditentukan baginya dan ketika imam memulai khotbah, ia diam dan mendengarkannya, maka akan diampuni dosanya mulai Jumat ini sampai Jumat berikutnya." (HR Bukhari dan Muslim).

4. Bersegera menuju masjid

Semakin cepat menuju masjid untuk Sholat Jumat maka akan semakin baik. Fadhilahnya melimpah. Para sahabat Nabi Muhammad dulu bergegas ke masjid sejak Jumat pagi dengan berjalan kaki.

"Barang siapa yang membuat istrinya mandi junub dan ia pun mandi, lalu ia berangkat ke masjid dan bersegera, kemudian ia mendekat kepada imam dan diam mendengarkan khutbah serta tidak berbuat sia-sia, maka setiap langkahnya seperti pahala puasa dan salat setahun," (HR Ahmad dari Abdullah bin 'Amr bin Al 'Ash radiyallahu anhu, Shahibut Targhib: 693).

5. Membaca Surah Al Kahfi

Keutamaan untuk ibadah ini pun tidak tanggung-tanggung. Hadist Nabi menjelaskan, "barang siapa membaca Surah Al Kahfi pada hari Jumat, maka ia akan disinari oleh cahaya di antara dua Jumat," (HR Hakim).

Baca juga: Khasiat Tak Terduga Baca Surah Al Kahfi Malam Jumat

6. Perbanyak doa

Jumat termasuk hari ijabah doa. "Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang Muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta," lalu Beliau mengisyaratkan dengan jarinya yang menunjukkan betapa waktu mustajab itu hanya sebentar (HR Bukhari dan Muslim). Kemudian diterangkan lagi dalam hadis riwayat Abu Daud, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, "Dalam 12 jam hari Jumat ada satu waktu, jika seorang Muslim meminta sesuatu kepada Allah Azza wa Jalla pasti akan dikabulkan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini