Share

Sumber Rezeki Muslimin: Keluarga hingga Berkat Istigfar

Minggu 28 Juni 2020 09:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 28 330 2237611 sumber-rezeki-muslimin-keluarga-hingga-berkat-istigfar-ViSHW2h5mD.jpg Keluarga salah satu sumber rezeki bagi Muslimin. (Foto: Freepik)
A A A

ALLAH Subahanahu wa ta'ala pasti memberikan rezeki kepada masing-masing hamba-Nya. Rezeki yang diberikan bisa melimpah atau bahkan secukupnya. Hal ini tentunya sudah diberikan Allah berdasarkan kebaikan untuk hamba-Nya tersebut.

Dalam kitab suci Alquran juga dijelaskan rezeki kaum Muslimin dapat datang dari banyak sumber. Kemudian waktu kehadirannya tidak akan pernah bisa diduga.

Baca juga: 15 Destinasi Wisata Dunia Anti-Mainstream yang Ramah Muslim

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

إِنَّ اللَّهَ هُوَ الرَّزَّاقُ ذُو الْقُوَّةِ الْمَتِينُ

Artinya: "Sesungguhnya Allah, Dia-lah Yang Maha Pemberi Rezeki, Yang Mempunyai Kekuatan lagi Sangat Kokoh." (QS Adz-Dzariyat (51): 58)

Allah Subhanahu wa ta’ala juga berfirman:

قُلْ مَنْ يَرْزُقُكُمْ مِنَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ قُلِ اللَّهُ

Artinya: "Katakanlah, 'Siapakah yang memberi rezeki kepadamu dari langit dan dari bumi?' Katakanlah, 'Allah'." (QS Saba' (34): 24)

Ilustrasi Muslimin. (Foto: Unsplash)

Baca juga: Bersalawat: Menggugurkan Dosa, Meninggikan Derajat 

Dalam ayat lain lagi Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman:

قُلْ مَنْ يَرْزُقُكُمْ مِنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ أَمَّنْ يَمْلِكُ السَّمْعَ وَالْأَبْصَارَ وَمَنْ يُخْرِجُ الْحَيَّ مِنَ الْمَيِّتِ وَيُخْرِجُ الْمَيِّتَ مِنَ الْحَيِّ وَمَنْ يُدَبِّرُ الْأَمْرَ فَسَيَقُولُونَ اللَّهُ فَقُلْ أَفَلَا تَتَّقُونَ

Artinya: "Katakanlah, 'Siapakah yang memberi rezeki kepadamu dari langit dan bumi, atau siapakah yang kuasa (menciptakan) pendengaran dan penglihatan, dan siapakah yang mengeluarkan yang hidup dari yang mati dan mengeluarkan yang mati dari yang hidup dan siapakah yang mengatur segala urusan?' Maka mereka semuanya akan menjawab, 'Allah'." (QS Yunus (10): 31)

Berikut ini 4 sumber rezeki berdasarkan penjelasan dalam kitab suci Alquran, sebagaimana dikutip dari Sindonews, Minggu (28/6/2020):

1. Sumber rezeki yang telah dijamin Allah Ta'ala.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman: "Dan tidak ada satu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfudz)." (QS Hud: 6)

Pesan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam, tugas kita dalam menerima rezeki dari Allah ialah perkuat iman dan tingkatkan ketakwaan. Namun faktanya, yang taat diberi rezeki, yang tidak taat juga diberi rezeki. Semua itu adalah bentuk kasih sayang Allah 'Azza wa Jalla.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

2. Rezeki yang tidak terduga.

Dalam Surah At-Thalaq, Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman: "Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barang siapa yang bertawakkal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)-nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)-Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu." (QS At-Thalaq: 3)

Orang yang banyak mendapatkan ini adalah hamba-hamba yang suka bersedekah. Kapan dikembalikan itu semua rahasia Allah dan cara husnuzan kita kepada Allah adalah janganlah engkau bersedih ketika rezekimu masih tertunda.

Baca juga: Masjid di Mesir Kembali Dibuka, Jamaah Sambut Gembira 

3. Rezeki karena anak, cucu, dan keluarga.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman: "Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut kemiskinan. Kamilah yang akan memberi rezeki kepada mereka dan juga kepadamu. Sesungguhnya membunuh mereka adalah suatu dosa yang besar." (QS Al-Isra': 31)

4. Rezeki berkat istighfar.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman: "Maka aku katakan kepada mereka, 'Mohonlah ampun kepada Tuhanmu (istighfar), sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai." (QS Nuh: 10–12)

Istighfar adalah salah satu cara kita agar mendapatkan kemudahan dari sebuah kesulitan. Dalam konteks Surah Nuh ini adalah di saat ingin memperoleh hujan, Allah turunkan berkat istighfar.

Baca juga: Masjid-Masjid Mesir Dibuka, Sholat Jumat Belum Diadakan

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini